Penyelenggaraan Haji Cerminan Wajah Kemenag

Kendal – Penyelenggaraan Ibadah Haji adalah rangkaian kegiatan pengelolaan pelaksanaan Ibadah Haji yang meliputi pembinaan, pelayanan, dan perlindungan Jemaah Haji yang sehingga calon jemaah haji dapat menunaikan ibadahnya sesuai dengan ketentuan ajaran agama Islam.

Guna memberikan pelayanan yang terbaik untuk calon jemaah haji yang berangkat pada tahun 1438 H/ 2017 M ini Kementerian Agama Kabupaten Kendal membentuk panitia pemberangkatan dan melakukan koordinasi terkait proses dan prosedur pemberangkatan 1.110 jemaah haji yang terbagi menjadi 4 kelompok terbang (kloter).

“Pembentukan panitia dan proses pelayanan pemberangkatan ini adalah amanat UU 13 tahun 2008 tentang penyelenggaraan Ibadah Haji, jadi kita mesti serius dalam melaksanakan kegiatan ini, ” ujar Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kendal Saerozi Jumat (28/07) di hadapan panitia pemberangkatan di Aula setempat.

Ditambahkan, pelayanan pemberangkatan ini akan menjadi cerminan wajah Kementerian Agama. Meski berkolaborasi dengan pemerintah kabupaten, namun masyarakat masih menganggap ini kerja Kemenag karena memang secara nasional penyelenggaraan ibadah haji ini berada dalam tanggung jawab Menteri Agama.

“Haji adalah tanggung jawab Menteri Agama yang kemudian didelegasikan ke provinsi dan kabupaten sehingga Kakanwil dan Kakankemenag memikul tugas berat supaya dalam pelayanan pemberangkatan ini berjalan mulus dan lancar,” tambah Saerozi.

Saerozi menegaskan, semua komponen harus bisa bekerja sama guna menyukseskan kegiatan ini. “Jangan sampai ada panitia yang hadir cuma namanya sedangkan orangnya entah kemana. Hal itu akan menjadi catatan serius,” tegasnya

Sementara itu Kepala Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umrah Sumari mengatakan, jemaah haji Kabupaten Kendal yang berjumlah 1.110 orang akan terbagi dalam 4 kloter yaitu 20, 75, 76 dan 77. Kloter yang utuh dari Kabupaten Kendal hanya 20 dan 76 sedangkan 75 bergabung dengan Kota Salatiga dan kloter 77 bergabung dengan Kabupaten Karanganyar.

Sumari menambahkan, jadwal pengumpulan koper besar jemaah haji untuk kloter 20 dilaksanakan hari senin 31 Juli 2017 sedangkan kloter 75,76 dan 77 Kamis 17 Agustus 2017 bertempat di Aula KPRI Hikmah Kemenag Kendal. “Pengumpulan koper kita layani mulai pukul 09.00,” imbuh sumari.

Dijelaskan Sumari, Pemberangkatan Calon Jemaah Haji kloter 20 berangkat pukul 08.00 WIB kumpul di pendopo mulai pukul 05.00 – 07.00, diharapkan sampai di Asrama Haji Donohudan pukul 12.00 WIB.

Untuk Kloter 75,76 dan 77 diberangkatkan pada hari Sabtu 19 Agustus 2017 berurutan pada pukul 02.00, 05.00 dan 15.00 WIB. Waktu kumpul di Pendopo 3 jam sebelum pemberangkatan.

“Tiap jemaah diharapkan taat pada penjadwalan masuk pendopo agar pemberangkatan berjalan tertib,” pungkasnya (JA/gt)