Penyuluh Agama Ajak Generasi Milenial Tauladani Akhlak Nabi Muhammad

Banjarnegara – Ajakan menauladani akhlak Nabi Muhammad SAW disampaikan oleh Mustadjab, Penyuluh Agama Islam Fungsional (PAIF) Kecamatan Pagentan pada Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW yang digelar SMP Negeri 1 Pagentan, Sabtu, (6/11/21)

Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW mengusung tema Meneladani Akhlak Rasulullah SAW untuk Membangun Generasi Melenial yang Unggul. Hadir pada acara tersebut Mustadjab,  PAIF Kecamatan Pagentan sebagai narasumber, Ketua Komite Sekolah, Budiono, Wakil Kepala Sekolah, Bapak Ibu Guru dan sifitas akademika SMP N 1 Pagentan.

Mengingat masih dalam masa pandemi siswa yang dihadirkan hanya 40 %, yakni siswa kelas 9, sejumlah 198 siswa. Acara digelar di halaman secara sederhana dengan tidak mengurangi esensi Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW. Para siswa duduk lesehan dengan membawa alas masing-masing dan tetap mematuhi proptokol kesehatan ketat. Tampak para siswa begitu antusias mengikuti kegiatan yang telah sekian lama dirindukan.

Budiono dalam sambutan pengarahannya menghimbau kepada para siswa untuk meneladani akhlak mulia dari Nabi Muhammad SAW. “Siswa-siswi kelas 9 SMP N 1 Pagentan harus meneladani akhlak mulia Nabi Muhammad SAW guna bekal mengarungi hidup di masa depan yang penuh tantangan dengan kecanggihan teknologi,” himbaunya.

Sementara Mustadjab, Penyuluh Agama Islam Fungsional (PAIF) Kecamatan Pagentan dalam Mauidoh Hasanahnya menyampaikan banyak hal di antaranya tentang sejarah kelahiran kanjeng nabi yang diwarnai beberapa peristiwa menyedihkan, masa remaja Nabi Muhammad SAW, dan bagaimana seharusnya para remaja bersikap sebagaimana yang dicontohkan oleh Rasulullah SAW.

“Generasi melenial harus mampu mencontoh akhlaqul karimah Rasulullah SAW dalam kehidupan sehari-hari, walaupun hidup di zaman modern yang banyak sekali tantangannya,” tandasnya.

Masih menurut Mustadjab  bahwa kaum muslim dan terutama para siswa harus senantiasa meneladani empat sifat Rasulullah. “Kita semua sebagai muslim dan terutama para siswa harus meneladani sifat Rasululloh SAW yaitu mandiri, jujur, pekerja keras, dan banyak teman,” tambahnya.

Acara semakin meriah, tatkala diakhir acara panitia memberikan door prize kepada siswa yang berhasil menjawab quiz. Pertanyaan yang diberikan seputar materi yang disampaikan oleh Wakil Kepala Sekolah maupun penceramah. Acara berakhir tepat pukul 10.30 WIB. (Tdj/ak/rf)