Penyuluh Agama Islam Tingkatkan Wawasan Moderasi Beragama

Semarang – Penyuluh Agama Islam Fungsional (PAIF) Kemenag Kota Semarang, Elfi Mu’tasimah mengikuti kegiatan Pengarusutamaan Moderasi Beragama dan Wawasan Kebangsaan di Hotel Persada Bandungan KabupatenSemarang, selama 2 hari (3-4/11/2021). Kegiatan ini digelar oleh Bidang Penaiszawa Kanwil kemenag Provinsi Jateng.

Kegiatan dibuka oleh Kabid Penaiszawa, Afif Mundzir. Dalam sambutannya, Afif mengharapkan melalui kegiatan ini, peserta dapat berperan aktif dalam meminimalisir permasalahan-permasalahan radikalisme.

“Kegiatan hari ini sebagian besar diikuti oleh kaum hawa. Tidak bisa dipungkiri bahwa kaum hawa memiliki peran yang sangat dahsyat dalam pembentukan karakter generasi muda. Maka diharapkan peserta nantinya dapat berkontribusi aktif mendidik putra-putri nya untuk membentuk generasi berkualitas yang tidak terpengaruh oleh aliran radikalisme yang ekstrim kanan maupun kiri,” pesan Afif dalam sambutannya.

Kegiatan ini dipandegani oleh Kasi Penyuluh Bidang Penaiszawa Kanwil Kemenag Provinsi Jateng, Khamdani. Dalam laporannya, Khamdani menyampaikan, kegiatan ini diikuti oleh Penyuluh Agama Islam Fungsional (PAIF) dan Penyuluh Agama Non ASN dari 35 Kankemenag Kab/kota se Jateng, serta ormas keagamaan Islam. Di antaranya dari  fatayat/muslimat NU.

Elfi sangat antusias mengikuti kegiatan ini. “Ngadem sambil kulakan wawasan,” seloroh Elfi kepada sesama peserta kegiatan.

Kegiatan ini tidak hanya sebagai ajang menambah wawasan terkait kebangsaan dan moderasi umat beragama, tetapi juga sebagai sarana silaturahmi antar penyuluh agama Islam se Jateng. (elfi/iq/bd)