Penyuluh Bantu Masyarakat Mudah Mendaftar Haji

Rembang– Guna meningkatkan animo masyarakat mendaftar ibadah haji, Kantor Kementerian Agama Kabupaten Rembang bekerja sama dengan PT Pegadaian (Persero) Area Pati mengadakan penandatanganan kerjasama pembiayaan ibadah haji dengan program Arrum Haji.

Kegiatan ini dilaksanakan pada Kamis (27/5/2021) di Hotel Fave Rembang. Acara dihadiri oleh jajaran pejabat Kemenag Rembang dan perwakilan penyuluh non PNS di Kabupaten Rembang.Turut hadir dalama acara ini Kasubag TU, Moh. Mukson, kasi Bimas Islam Kemenag Rembang, Ali Muhyidin, kasi Hajum Kemenag Rembang, Zuhri dan Ketua Pokjaluh Kemenag Rembang, Moh. Muhlisin.

Penandatanganan kerjasama ini dilakukan antara Pimpinan Cabang PT Pegadaian Rembang, Budi Purnomo dan Kepala Kankemenag Kabupaten Rembang yang ini diwakili oleh Kasubag TU Kemenag Rembang, Moh. Mukson.

Mukson mengatakan, penyuluh merupakan tangan Kementerian Agama untuk mensosialisasikan kebijakan Kementerian Agama, salah satunya adalah kebijakan mengenai penyelenggaraan ibadah haji.

Terkait dengan pendaftaran haji, penyuluh Agama Islam telah menyosialisasikan kepada masyarakat dengan kemudahan yang ada. Kemudahan tersebut di antaranya memanfaatkan pembiayaan dengan program Arrum Haji.

“Penyuluh Agama Islam, utamanya non PNS telah menyampaikan kepada masyarakat terkait dengan kemudahan pembiayaan ibadah haji, yaitu dengan program Arrum haji dari PT Pegadaian,” kata Mukson.

Adapun program kerjasama antara PT Pegadaian ini dilaksanakan dengan Forum Komunikasi Penyuluh Agama Islam (FKPAI) Kemenag Rembang. Lembaga ini dinilai tepat karena bersentuhan langsung dengan masyarakat.

Endang Iswahuyini, adalah salah satu penyuluh Agama Islam KUA Sarang I yang telah sukses melakukan sosialisasi Arrum Haji ini, sehingga banyak masyarakat yang memanfaatkan Arrum haji. Pada kegiatan ini, Endang menyampaikan beberapa strategi agar masyarakat berkenan menggunakan fasilitas Arrum Haji ini untuk mendaftar haji. — iq