Penyuluh Lakukan Bimbingan Pasien Di Rumah Sakit

BLORA – Kementerian Agama memiliki program yang paling khusus dalam pembinaan umat, tak terkecuali bagi pasien yang menderita sakit di Rumah Sakit juga sangat memerlukan pembinaan mental dan pencerahan spiritual.

Untuk mewujudkan fungsi dan tugasnya dalam bimbingan rohani tersebut, Para Penyuluh Agama Islam PNS yang bertugas pada Kantor Kementerian Agama Kabupaten Blora melakukan kegiatan bimbingan dan penyuluhan di Rumah Sakit Umum Kabupaten Blora dan RS Permata pada selasa (14/3).

Kegiatan bimbingan dan penyuluhan di ini dipandu oleh Ketua Pokjaluh Nuril Asrori,M.Hum bersama dengan seluruh Penyuluh PNS Kemenag Blora sesuai jadwal yang disepakati antara Rumah Sakit Blora dan RSU Permata bersama dengan Kemenag Blora.

Ketua Pokjaluh, Nuril Asrori menyampaikan bahwa Penyuluhan dan bimbingan oleh para Penyuluh PNS Kemenag Blora ini sudah dilakukan rutin setiap hari selasa untuk memberikan dorongan semangat, bimbingan rohani untuk selalu mendekatkan diri pada Allah SWT dan meningkatkan keimanan serta memberikan hiburan supaya pasien tidak terlalu bersedih atas ujian sakit yang menimpanya.

“melalui bimbingan,penyuluhan kami Penyuluh PNS sekitar 14 orang berkunjung rutin ke rumah sakit untuk memberikan kekuatan dan semangat bagi pasien serta mengingatkan tentang pentingnya iman dan tawakal pada Allah SWT atas ujian sakit yang dideritanya” ujarnya.

“Prosedurnya para penyuluh langsung menemui pasien yang berada diruang inap atau pun ICU dengan memberikan bimbingan dan penyuluhan kepada pasien dan keluarga yang tidak keberatan untuk diberikan siraman rohani dan motivai semangat untuk berjuang melawan sakit yang diderita pasien,” ungkap Nuril semangat.

Penyuluh menurutnya dibagi dalam beberapa kelompok untuk secara rutin mengunjungi bangsal di Rumah Sakit permata dan RSUD Blora dan memberikan materi bimbingan penyuluhan ataupun semangat sembuh bagi pasien.

Kasi Bimas Islam, Maspuin menyampaikan bahwa  penandatanganan MOU ini merupakan bukti keseriusan Penyuluh Agama Islam Fungsional (PAIF) untuk berkiprah melaksanakan tugasnya mengabdi memberikan pencerahan mental bagi pihak yang membutuhkan seperti rumah sakit seperti juga yang dilakukan rutin di Lembaga pemasyarakatan ataupun instansi pemerintah lainnya.

“kami konsen untuk membimbing masyarakat yang membutuhkan pencerahan agama sebagai wujud pelayanan kepada masyarakat melalui tenaga penyuluh PNS maupun Non PNS”ungkapnya. (Nuril/ima/bd)