Penyuluh Perlu Meningkatkan Kompetensinya

Pemalang – Kepala KUA Kecamatan Randudongkal Rosihan Anwar bersama dengan Penyuluh Agama Islam PNS Kecamatan Randudongkal, Masruri melaksanakan pembinaan Penyuluh Agama Islam Non PNS Kecamatan Randudongkal. Kegiatan yang dilaksanakan di aula KUA pada hari Selasa (25/7) bertujuan untuk memantapkan kerja penyuluh di lapangan.

Rosihan mengajak para penyuluh di wilayah Kecamatan Randudongkal untuk turut serta mendukung dan menginformasikan program Pemerintah khususnya Kementerian Agama kepada masyarakat. Penyuluhan diharapkan dibawakan dengan bahasa yang mudah dipahami oleh umat.

“Dalam memberikan penyuluhan agar mudah dipahami, dimengerti oleh umat. Berikan penyuluhan yang sejuk, jelas, tidak membingungkan umat dan tidak memprovokasi,” tuturnya.

Selanjutnya, Masruri selaku Penyuluh Agama Islam PNS memaparkan setiap Penyuluh Agama Islam Non PNS secara terus menerus perlu meningkatkan pengetahuan, wawasan dan pengembangan diri.

Para penyuluh diberikan materi tentang pedoman pelaksanaan tugas penyuluh, juklak dan juknis tentang pembagian dan spesifikasi tugas Penyuluh Agama Islam Non PNS serta mengingatkan pentingnya kerjasama yang baik antara Penyuluh Non PNS dengan Penyuluh PNS.

Dalam kesempatan tersebut, para penyuluh juga diberikan arahan teknis tentang pembuatan laporan kegiatan, serta hal-hal teknis lainnya yang berkenaan dengan kegiatan pembinaan dimasyarakat, sehingga pada saat para penyuluh terjun ke lapangan tidak mengalami kesulitan dalam menghadapi berbagai kendala dan permasalahan.

Pada tahun ini ada delapan Penyuluh Agama Islam Non PNS yang bertugas di Kecamatan Randudongkal. (mae/fi/rf)