Penyuluh Sampaikan Bergaul Sehat Ala Islam

Rembang – Meskipun tengah melaksanan ujian semester di Ramadan ini, sejumlah madrasah tetap menggelar kegiatan pesantren kilat.  Salah satu madrasah yang menggelar kegiatan adalah MTs Umar Fatah, Rembang. Pesantren kilat ini digelar selama dua hari, yaitu Senin – Selasa (22-23/5/2018) di lingkungan MTs Umar Fatah.

Penyuluh Agama Islam Kankemenag Rembang, Muthmainnah didapuk menjadi pemateri. Kepada ratusan peserta, Muthmainnah menyampaikan beberapa materi, antara lain akhlakul karimah dan pergaulan remaja.

Muthmainnah menyoroti pergaulan remaja yang saat ini sudah semakin teancam. Kebebasan pergaulan yang melanggar norma agama sudah banyak dilakukan oleh remaja yang notabene masih pelajar. Hal ini sangat disayangkan. “Gaya hidup remaja sekarang yang sudah kebablasan dan sudah keluar dari norma-norma agama,” katanya.

Muthmainnah berpesan kepada siswa MTs Umar Fatah untuk selalu membentengi diri sendiri. Pada Ramadan ini, siswa diharapkan bisa meningkatkan iman dan taqwa dan bermuhasabah, mengoreksi berbagai perilaku buruk yang pernah dilakukan. “Ramadan merupakan waktu yang tepat untuk melakukan muhasabah diri. Sebagai pelajar yang sudah baligh, kita wajib menjaga diri dari hal-hal yang dilarang oleh agama,” katanya.

Muthmainnah meminta siswa untuk bergaul dengan sesama sesuai dengan kaidah Islam. “Pada Ramadan ini, mari kita rubah diri kita menjadi lebih baik. Salah satunya adalah bergaul dengan sehat. Bergaul secara Islami. Jauhi narkoba, jauhi minuman keras, jauhi pergaulan bebas. Insya Allah hidup kita akan selamat,” kata Muthmainnah.

Kegiatan yang berlangsung dari pukul 07.30 WIB hingga pukul 12.00 WIB siang ini diawali dengan tadarus 30 juz. Selain tentang akhlakul karimah, beberapa materi yang disampaikan yaitu fikih shalat dan fikih puasa. Di sela materi, dilaksanakan shalat dhuha bersama dan diakhiri dengan shalat dzuhur berjamaah. — iq/bd