Penyuluh Sampaikan Materi Puasa Kepada Lansia

Rembang – Puasa tak menyurutkan semangat para Lansia untuk tetap bersemangat mengikuti beberapa kegiatan. Di Panti Wreda Margo Mukti yang berlokasi di Jalan Diponegoro, Rembang, puluhan lansia terlihat menyimak dengan seksama penyuluhan yang disampaikan oleh Penyuluh Agama Islam, Muthmainnah dalam kegiatan penyuluhan yang diadakan baru-baru ini.

Para lansia ini mendapatkan materi tentang puasa oleh Muthmainnah. Walaupun sudah lanjut usia, sebagian penghuni panti tetap menjalankan ibadah puasa, kecuali bagi mereka yang tengah sakit.

Pada kesempatan ini, Muthmainnah menyampaikan materi tentang keutamaan puasa kepada para Lansia. Dipaparkannya, puasa mempunyai manfaat bagi kesehatan kita. “Mbah mbah mboten sayah nggeh?,” seru Muth kepada Lansia yang tengah berpuasa.

Penghuni yang terdiri atas laki-laki dan perempuan itu pun sontak memnjawab tidak. Karena kebersamaan di panti rupanya membuat Lansia semakin bersemangat dalam menjalankan ibadah puasa.

Muth pun kemudian menjelaskan, salah satu manfaat puasa bagi kesehatan adalah memperbaiki sistem kerja tubuh yang setelah seharian terus bekerja. Namun Muth juga mengatakan, jika kakek dan nenek ini sudah tidak kuat berpuasa, maka tidak wajib berpuasa.

Selain manfaat bagi kesehatan, Muth juga mengemukakan keutamaan puasa dan amalan-amalan yang dilaksanakan di bulan Ramadan. Karena memang sudah lanjut usia, penghuni panti sebaiknya cukup salat lima waktu, atau tarawih sekuatnya. “Kalau bisa sama ngaji nggeh, Insya Allah ibadah di bulan ini pahalanya akan dilipatgandakan,” ujar Muth.

Muthmainnah mengatakan, jika mengatakan, dalam kesempatan ini juga diadakan sosialisasi pelayanan dari pihak panti untuk Lansia yang berada di luar panti. — iq/bd