Penyuluhan Kesehatan Reproduksi Calon Pengantin Dan Pasangan Usia Subur

Batang – KUA Kecamatan Limpung Kabupaten Batang bersama Puskesmas Limpung dan Muspika Kecamatan limpung mengadakan kegiatan bersama yang bertajuk penyuluhan kesehatan reproduksi calon pengantin dan pasangan usia subur pada Selasa (13/3) di Rumah Makan teras ayu kecamatan Limpung . Kegiatan itu diikuti oleh 40 pasang calon pengantin, dan Kaur Kesra Se kecamatan Limpung. Hadir dalam kegiatan itu Camat Limpung, Kepala UPTD Puskesmas Limpung, Kepala KUA dan Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Batang.

Kepala KUA Limpung Abdullah Najib dalam sambutan pembinaannya mengatakan bahwa kegiatan ini terselenggara atas kerjasama yang baik antara UPTD Puskesmas Limpung bersama KUA Kecamatan maupun Camat Limpung.
" Terimakasih sebesar-besarnya kepada Kepala UPTD Puskesmas Limpung maupun Bapak Camat, atas kerjasama yang  baik sehingga kegiatan ini dapat terlaksana", katanya.

Abdulah juga menambahkan  kegiatan ini sangat bermanfaat bagi Catin, dimana dari Puskesmas memberi pengetahuan tentang kesehatan reproduksi sedangkan kami dapat memberikan pengetahuan munakahat, sehingga catin benar-benar siap untuk melangsungkan pernikahan yang dilandasi pengetahuan yang cukup."Kepala Kantor Kementerian Agama Kab. Batang Kudaifah dalam pembinaannya menyoroti tentang arti pentingnya pernikahan, juga memaparkan tentang manfaat, tujuan serta dasar pernikahan .

"Tujuan dari pernikahan adalah kebahagiaan lahir dan batin, yang biasa disebut sakinah mawaddah wa rahmah." katanya.

Untuk mewujudkan itu semua hendaknya catin harus memiliki dasar yang kuat, bahwa menikah merupakan perintah Allah SWT dan Rasulullah, sehingga menikah harus didasari hanya mencari ridha Allah semata-mata."ungkapnya.
Lebih jauh Kudaifah mengatakan bahwa kunci untuk mencapai ridha Allah SWT itu dengan dua hal  yaitu tidak menyembah Selain Allah dan selalu berbuat baik terhadap ke dua orang tua.

"Kunci mencapai ridha Allah ada dua, pertama kita jangan sekali-kali menyembah selain Allah SWT wujudnya kita senantiasa melaksanakan solat 5 waktu secara tertib, dan yang kedua selalu berbuat baik kepada kedua orang tua kita, orang tua yang dmaksud adalah orang tua kita sendiri maupun orang tua pasangan kita, bila itu kita lakukan maka insyaallah ridha Allah benar-benar akan selalu bersama kita," ujarnya

Selanjutnya Kudaifah berpesan kepada Catin yang akan melangsungkan pernikahannya, setelah menikah agar selalu berkomunikasi dengan baik terhadap pasangannya,anggota keluarga yang lain juga terhadap kedua orang tua, kususnya yang masih hidup bersama orang tua.Selain itu suami istri untuk  benar-benar memahami dan melaksanakan tugas dan  fungsi masing-masing, Suami adalah kepala keluarga maka haruslah menjadi contoh tauladan bagi istri dan anak-anaknya, sedangkan istri adalah pendamping  suami, maka seharusnya istri benar-benar istri yang shalikhah, yaitu istri yang selalu bisa menyenangkan suaminya.(Zy/rf)