Peran Humas Membangun dan Menjaga Image Positif Madrasah

Klaten – Humas memiliki peran penting yang sangat penting dalam meningkatkan citra suatu lembaga, khususnya di madrasah. Selain itu Humas berperan dalam menyampaikan informasi terkait kegiatan di madrasah serta menjaga dan memperbaiki citra madrasah.

Demikian disampaikan Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Klaten, Masmin Afif, saat memberikan pembinaan kepada Kepala Madrasah MAN, MTsN dan MIN dilingkungan Kemenag Klaten, yang bertempat ruang rapat kepala, Senin (24/9).

“Humas baik, masyarakat semakin tertarik dan percaya untuk memasukkan anak-anaknya di madrasah ini,” tandas Masmin.

Humas madrasah memiliki tanggung jawab yang tinggi terhadap tugas-tugas kehumasan. Tanggung jawab sosial yang diwujudkan dalam berbagai kegiatan akan menciptakan kepercayaan dari masyarakat. Salah satu hal mendasar yang perlu di perhatikan oleh Kepala Madrasah terkait fungsi kehumasan adalah, kemampuan memahami tentang pentingnya peran humas dalam membangun dan menjaga image positif madrasah, mengingat madrasah sebagai satuan pendidikan merupakan garda terdepan dalam pembinaan generasi.

“Madrasah kita sangat membutuhkan dukungan yang kuat dari masyarakat, agar mampu bertahan lama bagi kehidupan sosial, oleh karena itu peras humas sangat diperlukan dalam menjaga image positif madrasah di tengah masyarakat,” ucap Masmin.

Cara yang ampuh dilakukan yaitu, dengan aktif dan terus memberitakan semua kegiatan yang ada di madrasah tentang keunggulan-keunggulan madrasah melalui media website Kemenag Kabupaten dan Kanwil Jateng, sehingga masyarakat akan semakin yakin dan tertarik,” harap Kakankemenag.

Hal senada disampaikan Kasubbag TU Kemenag Klaten, “Tim humas yang di satker madrasah dan Kemenag agar selalu bersinergi dan komunikasi dalam pemberitaan, agar tim humas dapat menjalankan tugas secara optimal dalam rangka menyampaikan informasi kepada masyarakat khususnya tentang profil dan kegiatan-kegiatan di madrasah,” ucap Sudarsana.

Setiap satker madrasah diharapkan mengirimkan berita setiap minggunya, dan yang selalu update yang disampaikan ke Kemenag agar diproses untuk di unggah di website Kanwil dan Kankemenag.

“Diharap rekan-rekan humas madrasah agar membangun kebiasaan membaca dan menulis sebagai faktor penting yang dapat meningkatkan kualitas penulisan berita,” harap Sudarsana.(aj/sua)