Peran Humas sangat Vital Untuk Lembaga

Rembang – Humas mempunyai peran yang sangat penting dalam penyelenggaraan sebuah lembaga pemerintah. Dalam banyak kondisi, peran Humas dibutuhkan, baik untuk hubungan internal maupun eksternal dengan lembaga lain dan publik.

Demikian dikemukakan oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Rembang dalam acara Rakor Kehumasan yang diselenggarakan oleh Subbag Tata Usaha Kankemenag Kabupaten Rembang, Selasa (5/9) di aula Kemenag Rembang.

Rakor yang dihadiri oleh sekitar 20 peserta ini menitikberatkan pembahasan tentang peningkatan kualitas Pembawa Acara dan Pemimpin Paduan Suara (Dirigen) di lingkungan Kankemenag Kabupaten Rembang. Bertindak sebagai narasumber yaitu Kasubag Pengkajian dan Analisis Media Humas Setda Rembang, Sulistyowati.

Atho’illah mengatakan, tugas dan fungsi Humas sangatlah kompleks. Mulai dari menata acara, menerima tamu, menjalin hubungan eksternal, hingga pemberitaan. “Semua itu tentunya membutuhkan seni yang tinggi dan komunikasi yang intensif,” kata Atho’illah.

Sementara Sulistyowati menjabarkan secara terperinci teknik keprotokolan, Pembawa Acara, dan memimpin paduan suara (dirigen). Pemaparan Sulistyowati ini mendapat sambutan antusias dari para peserta, mengingat materi begitu penting untuk praktik kegiatan kantor.

Sulistyowati menjelaskan, ada perbedaan antara istilah Pembawa Acara dan MC. Pembawa Acara digunakan untuk acara resmi, yaitu acara formal kenegaraan, atau melibatkan pejabat negara. Sedangkan Master of Ceremony (MC) untuk acara tidak resmi. “Namun kerapkali kita menganggap pembawa acara dan MC itu sama,” ujarnya.

Sementara istilah Protokol, lanjut Sulistyowati, diartikan  sebagai pengatur acara yang bertugas menentukan pembawa acara, mengurus soal dokumentasi, konsumsi, penerimaan tamu, hiburan, perlengkapan, keamanan, dan hal lain yang menunjang kesuksesan acara.

Dijelaskan lebih lanjut, untuk menjadi pembawa acara atau MC yang baik, seseorang harus mempunyai pengetahuan dan pengalaman yang luas, Cerdas dan cepat dalam mengambil keputusan, tidak mudah panik jika terjadi gangguan, mempunyai suara yang berkualitas, fokus, rendah hati dan bersahabat, memiliki kemampuan bekerjasama dan berbahasa yang baik. — ss/bd