Peran Kemenag di TMMD Sengkuyung I ini Pada Pembangunan Fisik dan Non Fisik

Karanganyar – ASN Kementerian Agama Kabupaten Karanganyar ikut serta berpartisipasi dalam kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Tahap 1, Kodim 0727 Karanganyar di Desa Wonokeling Kecamatan Jatiyoso, pada Selasa (27/2). Sesuai Program TMMD Reguler ke-104 dan Sekuyung Tahap 1 TA 2019, program ini akan berlangsung selama 30 hari, terhitung mulai 26 Februari-27 Maret 2019.

Kementerian Agama Kab. Karanganyar mengirimkan perwakilan ASN dari berbagai satker dilingkungan Kemenag untuk mengikuti upacara pembukaan TMMD Sengkuyung Tahap 1. Kakankemenag Kab.Karanganyar, Ahmad Nasirin menyampaikan, sasaran pembangunan yakni sasaran fisik dan non fisik. Sasaran fisik berupa pengecoran dan pembangunan gorong-gorong. Melalui peran serta penyuluh di KUA Kec. Jatiyoso, Kementerian Agama juga turut berperan dalam pembangunan non fisik, berupa pembinaan mental melalui pengajian dan pembinaan keluarga sakinah dari Kementerian Agama.

“Sasaran pembangunannya ada fisik dan non fisik, untuk pembangunan fisik berupa pengecoran, pembangunan gorong-gorong di delapan titik serta talut di dua titik. Dan untuk kementerian agama ikut andil dalam pembangunan non fisik yang berupa pembinaan mental melalui pengajian di majelis taklim, pembinaan keluarga sakinah melalui beberapa kegiatan penyuluh dari Kementerian Agama,” papar Nasirin.

Adapun kegiatan TMMD menelan biaya sebanyak Rp. 624 juta. Biaya pembangunan berasal dari Anggaran APBD Jateng sebanyak Rp. 235 juta, APBD Karanganyar sebanyak Rp. 300 juta, serta swadaya masyarakat Desa Wonokeling sebanyak Rp. 89 juta.

Melihat semangat yang luar biasa dari para masyarakat desa ini, Ahmad Nasirin juga menyampaikan untuk selalu menjaga kerukunan dalam kehidupan beragama, gotong royong, dan menjaga kerukunan dan persatuan masyarakat.

“Masyarakat di desa ini luar biasa semangatnya untuk selalu tumbuh lebih baik, dan selalu di jaga kerukunan dalam kehidupan beragama. Karena kehidupan masyarakat Kec, Jatiyoso yang selalu berdampingan dengan beberapa agama dalam kehidupan sehari – hari. Dengan semangat moderasi  beragama kita tingkatkan gotong royong melalui giat TMMD sengkuyung I ini,” tambah Nasirin.(ida-hd/sua)