Peran Serta Lembaga Agama Hindu dalam Membangun Keumatan

Sragen (Bimas Hindu) – Badan Pelayan Umat Amerta Dhana (BPU) Lembaga agama Hindu adalah lembaga keagamaan Hindu Independen yang dibawah naungan Parisada Hindu Dharma Indonesia Provinsi Jawa Tengah dalam lima tahun ini telah membantu dalam bidang pendidikan, Rsi Yadnya dan pemberdayaan keumatan yang sinergi dengan program yang ada pada Bimas Hindu, ini dibuktikan dengan pemberian beasiswwa bagi siswa Hindu yang ada di daerah yang kurang mampu serta telah membantu pemberian pakaian Pinandita ini sangat baik untuk peningkatan sumber daya manusia. Demikian dijelaskan I Dewa Made Artayasa dalam sambutan kegiatan Badan Pelayan Umat, Minggu (30/07).

Lebih lanjut ia menjelaskan bahwa lembaga yang ada beberapa yang bergerak dalam bidang yang sama namun yang menyelenggarakan secara berkesinambungan Baru Bandan Pelayan Umat Amerta Dhana. Ini sangat membantu, karena dengan keberadaan umat Hindu secara sporadik di 35 kabupaten/ kota yang ada di Jawa Tengah tentu sangat membantu spirit keagamaanya. Dengan apa yang dilakukan oleh Badan Pelayan Umat Amerta Dhana ini diharapakan dapat dikembangkan di daerah yang lain di Jawa Tengah agar nantinya umat dapat lebih termotifasi.

Kegiatan pembinaan dan pemberian bantuan Badan Pelayan Umat Amerta Dhana menghadirkan Ketua Parisada Hindu Dharama Indonesia Pusat Maijen TNI Purnawirawan Wisnu Bawa Tanaya, Rektor IHDN Prof. I Ketut Dwija, Pembimas Hindu Jawa Tengah I Dewa Made Artayasa, Ketua Parisada provinsi Jawa Tengah I Nyoman Surahatta dan umat Hindu di Karisidenan Surakarta dan Semarang.

Menjadi orang yang cerdas dan mempunyai semangat untuk selalu belajar agar dapat lebih baik adalah hal yang utama, karena belajar tidak mengenal usia, dengan belajar kita akan semakin bijaksana demikian disampaikan Wisnu Bawa Tanaya.

Kalau semua generasi Hindu dapat mencapai pendidikan yang mapan akan menumbuhkan sumber daya manusia yang luar biasa, maka keterbelakangan dan kemiskinan akan tiada, karena ilmu pengetahuan (Jnana) akan memberikan jalan kehidupan Terang I Ketut Dwija.

Badan Pelayan Umat Amerta Dhana dalam kegiatan tersebut meberikan beasiswa pendidikan kepada dua belas dan duapuluh lima paket Rsi Yadnya untuk pinandita di wilayah Sragen. Demikian disampaikan ketua Badan Pelayan Umat Amerta Dhana. Harapanya kedepan bagi siswa ini dapat terus sekolah dan Pinandita dapat memiliki pakaian yang layak. (wahonogol-js/gt)