Peran Ulama dalam Mengayomi Umat

Pemalang – Saat ini umat Islam sedang diuji kesabarannya menghadapi gejolak yang terjadi di Indonesia. Dimana hal tersebut berpotensi menimbulkan perpecahan umat dan keutuhan berbangsa dan bernegara.

Demikian sambutan Kepala KUA Kecamatan Watukumpul, Jaenal Abidin pada acara yang digelar oleh Majelis Ulama Indonesia (MU)I Kecamatan Watukumpul di Pendopo Kecamatan Watukumpul, Minggu (14/5). Acara tersebut dihadiri Camat Watukumpul, Ketua MUI Kecamatan Watukumpul, serta pengurus MUI baik tingkat kecamatan maupun tingkat desa se-Kecamatan Watukumpul.

“Para ulama Indonesia terdahulu sepakat bahwa Negara Indonesia adalah Negara Kesatuan Republik Indonesia, dar al-Salam bukan dar al-Islam. Oleh karena itu, peran ulama melalui Majelis Ulama Indonesia memberikan pengayoman dan mendinginkan suasana kepada masyarakat,” ujar Jaenal.

Selanjutnya, dalam rangka menyambut bulan suci Ramadhan, Jaenal menghimbau kepada masayarakat yang beragama non muslim untuk menghormati umat Islam yang sedang berpuasa. Rumah makan dihimbau untuk tidak buka di siang hari, klub malam dan karoke selama bulan suci Ramadhan tidak buka.

“Mari bersama-sama menjaga kekusyukan dalam menjalankan ibadah puasa,” pungkasnya. (khot/fi/rf)