Perencana Sebagai Ruh Kementerian Agama

Salatiga – Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Salatiga , Fahrudin melantik dan mengambil sumpah jabatan fungsional perencana pertama di lingkungan Kantor Kementerian Agama kota Salatiga, Jum’at (22/2) . Adalah Setiyo Winarso yang dilantik dan diambil sumpah menjadi jabatan fungsional perencana dimana sebelumnya menduduki jabatan funsional umum Penyusun Rencana Program dan Anggaran.

“Dengan penambahan seorang Perencana, diharapkan Kantor Kementerian Agama kota Salatiga semakin maju, inovatif, produktif dan berintegritas.” Demikian harapan yang disampaikan oleh Fahrudin,dalam pembinaan yang merupakan rangkaian upacara pengambilan sumpah jabatan.

Perencana yang inovatif dan produktif harus meningkatkan efektivitas yang dijabarkan dalam bentuk tindakan protektif kreatif dan menguntungkan lembaga khusunya Kementerian Agama.  Sedangkan perencana yang berintegritas   adalah perencana yang memiliki integritas dalam etika  dan moral, integritas dalam keberadaannya di hadapan Tuhannya dan integritas dengan diri sendiri dan lingkungan sosialnya, jelasnya.

Hal yang harus dipersiapkan untuk memiliki integritas dalam perencanaan adalah kedisiplinan dalam memegang komitmen yang sudah dibuat  oleh diri sendiri, integritas bukanlah apa yang kita lakukan tetapi siapa kita dan sebaliknya kita menentukan apa yang akan kita lakukan. Kemampuan menetapkan prioritas dalam hidup juga sangat dibutuhkan dalam persiapan memiliki integritas yang baik. Apabila perencana sudah mampu memegang komitmen dan mampu menentukan prioritas dalam hidupnya, maka bisa dipastikan perencana tersebut mampu memimpin.

Kepala Kantor menegaskan bahwa Perencana merupakan “ Ruh Kementerian Agama sehingga perlu peningkatan keilmuan. Di era perampingan anggaran sekarang ini, seorang perencana  diharapkan dapat bertindak cermat dalam menentukan skala prioritas  anggaran sehingga kantor tetap dapat berjalan efektif dan optimal,” tegasnya.

Dijelasakan pula oleh Fahrudin,  perencana juga diharapkan sebagai  roda organisasi Kementerian Agama. Perencana merupakan tempat yang strategis berjalannya lembaga,  anggaran berbasis kinerja dengan perencanaan  yang baik akan menghasilkan program yang baik dan anggaran akan terserap dengan baik.

“Setelah  di lantik harus kerja yang amanah karena memikul tugas dan tanggung jawab sebagai perencana dan mari mempersiapkan diri, mental dan pemikiran-pemikiran untuk Kementerian Agama lebih maju” imbuhnya. (KK/MNc)