Pererat Komunikasi Dan Silaturahmi Dengan Ulama

Kota Magelang – Kamis (27/05) KH. Ahmad Said Asrori pengasuh Pondok Pesantren Roudhotuth Thulab Tempuran Kabupaten Magelang berkenan memerikan ma’izdhoh hasanah bagi ASN di Aula Kantor Kementerian Agama Kota Magelang. Kegiatan pembinaan bagi ASN yang digelar pagi ini pukul   09.00 WIB hingga menjelang waktu dzuhur itu bertujuan untuk memberikan semangat dan wacana baru dari persepktif keagamaan guna meningkatkan etos kerja. Sengaja pembinaan bagi ASN Kementerian Agama Kota Magelang digelar pada bulan Syawal 1442 H, hal ini dimaksudkan juga sebagai wahana saling menguatkan silaturahmi antara Kementerian Agama dengan para tokoh agama.   

Dalam ceramahnya Da’i yang akrab di sapa Gus Said itu menggurai bahwa “Silaturahmi adalah salah satu amalan umat muslim untuk menyambung dan memperkokoh tali persaudaraan. Silaturahmi dapat kita lakukan kapan saja, namun amalan ini menjadi salah satu agenda utama saat momen hari raya Idul Fitri atau Lebaran. Umumnya saat lebaran tiba, umat muslim selalu berbondong-bondong untuk mudik atau pulang ke kampung halaman. Seolah mudik telah menjadi tradisi tahunan bagi umat muslim. Hal ini dilakukan semata-mata untuk menyambung silaturahmi dengan keluarga dan sanak saudar” ungkap Gus Said.

“Di Indonesia, istilah silaturahmi justru cenderung dimaknai lebih luas, tidak hanya untuk memperbaiki hubungan yang sempat terputus, tetapi juga ikatan yang dari awal memang baik-baik saja. Juga tak hanya ditujukan kepada karib kerabat saja, melainkan kepada siapapun. Setiap  manusia pasti tidak bisa hidup seorang diri. Mengapa? Karena manusia merupakan makhluk sosial yang membutuhkan orang lain. Oleh karena itu, penting bagi setiap manusia untuk menjalin silaturahmi yang baik dengan orang lain. Jangan kita mengikuti nafsu semata. Yang akibatnya akan memutuskan tali silaturahmi” jelas Gus Said kemudian.

Kepala Kantor Kementerian Kota Magelang Sofia Nur dalam sambutannya mengatakan kegiatan pengajian yang dirangkai dengan pembinaan bagi ASN ini dilaksanakan sebagai wujud eratnya hubungan baik antara Kementerian Agama denga para ulama. Beliau mengatakan “Saya atas nama keluarga besar Kantor Kementerian Agama Kota Magelang selain mengucapkan terimakasih atas hadirnya Gus Said, kami juga mengucapkan selamat hari raya idhul Fitri 1442 H. Semoga hubungan baik yang telah terjalin selama ini dengan para ulama di Magelang menjadi energi tersendiri bagi pengembangan peran dan fungsi Kementerian Agama di bidang keagamaan” tutur Sofia Nur. (HS).