Peringatan 50 Tahun Vihara Bodhi Kalingga Kab. Jepara

Jepara (Bimas Buddha) – Umat Buddha Vihara Bodhi Kalingga yang beralamat di Desa Blingoh, Kecamatan Donorojo, Kab. Jepara menyelenggarakan acara peringatan 50 Tahun Vihara Bodhi Kalingga, Sabtu (8/7).

Acara yang berlangsung di ruang Bhakti Sala Vihara ini di hadiri oleh Sutarso selaku Pembimas Buddha, Bhikkhu Khemacaro Mahathera selaku Ketua Umum Sangha Agung Indonesia (Sagin), Drs. Piandi selaku Ketua Umum DPP Majelis Buddhayana Indonesia (MBI), Anggota Sagin Wilayah IV Jateng dan DI Yogyakarta, Pengurus MBI Kab. Jepara, Penyuluh Agama Buddha Kab. Jepara, dan kurang lebih 500 umat Buddha.

Kegiatan ini didahului dengan pra acara yang diisi dengan pentas seni anak-anak Sekolah Minggu Buddha (SMB) Vihara Bodhi Kalingga, penampilan panembromo (koor Bahasa Jawa), dan pada malam harinya dilanjutkan dengan pentas seni ketoprak dengan lakon “Pancapana Indrayana”.

Dalam sambutannya, Sutarso selaku pembimas Buddha Kanwil Kemenag Prov. Jateng memberikan apresiasi atas pengabdian Vihara Bodhi Kalingga Kab. Jepara dalam melayani kegiatan keagamaan umat Buddha di sekitarnya, dan menyampaikan ucapan selamat atas torehan perjalanan waktu yang ke 50 tahun pengabdian Vihara kepada segenap pengurus dan umat Buddha di Desa Blingoh, Kecamatan Donorojo.

Dia berpesan agar ulang tahun ke 50 ini dimaknai sebagai pendewasaan bagi seluruh pengurus dalam melayani, dan mengedepankan semangat berbagi sehingga pada kesempatan mendatang kegiatan keagamaan Buddha dapat terakomodir dengan peningkatan kualitas pelayanannya.

“Mari tingkatkan integritas dan keteladanan kita dan selalu menjadi penyejuk dan pemberi solusi didalam setiap permasalahan yang dihadapi umat Buddha, agar seluruh umat merasa terayomi” ucap sutarso di sela-sela sambutannya.

Lebih lanjut Sutarso berpesan agar para pengurus di Vihara Bodhi Kalingga selalu meningkatkan integritas dirinya sebagai pemberi teladan agar umat Buddha yang dilayani dapat mencontoh keteladanan tersebut dalam berkehidupan bermasyarakat

“Selalu kedepankan kejujuran dan tanggung jawab dalam memberikan pelayanan kepada umat, sesuai dengan Dharma yang telah diajarkan Guru Agung Buddha kepada kita” tegasnya.

Acara dilanjutkan dengan pemotongan tumpeng yang dilaksanakan oleh Ketua Yayasan Bodhi Kalingga dan diserahkan kepada Kepala Vihara Bodhi Kalingga. Selamat Ulang Tahun Vihara Bodhi Kalingga ke 50.(Siswanta/Wul)