Peringatan Maulid Nabi Jadi Ajang Kreatifitas Siswa

Semarang – Dalam rangka menyiapkan peserta didik untuk memiliki keterampilan berpikir kritis, kreatif, inovatif, komunikatif, dan mampu berkolaborasi, MI Nusantara Kota Semarang menggelar semarak pentas seni Islami memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW, Rabu (28/11). Hadir dalam acara tersebut, Pengawas MI Kementerian Agama Kota Semarang, Komite madrasah, Lurah Pongangan, Pengurus YASPI Al Hidayah Semarang, tokoh masyarakat, dan orangtua siswa kelas I s.d. VI.

Sukimin selaku Kepala MI Nusantara Kota Semarang mengungkapkan pentas seni Islami ini ber­langsung sa­ngat me­riah. Beragam kre­ati­vitas an­ak-­­anak di­tun­­­jukkan. Me­reka tam­pil pe­nuh ceria dan me­ng­un­dang detak ka­gum karena ak­si pa­ng­gung me­­reka yang be­gitu at­rak­tif dan krea­tif,  mulai dari ber­nyanyi, menari, hingga mem­baca geguritan.

Suasana ramai diawali pertunjukan drumband oleh siswa kelas IV s.d VI yang dilanjutkan penampilan group Rebana oleh siswa kelas IV dan V. “Kedua pertunjukan tersebut merupakan tampilan pra acara,” kata Sukimin.

Ditambahkan, sesaat setelah acara dimulai, pembacaan shalawat, hafalan surat pendek, paduan suara, tausiyah dari dai kecil Bilqis, dan pembacaan Geguritan Guruku Pepujanku, cukup menunjukkan adanya daya kreatifitas peserta didik. “Satu hal yang menakjubkan adalah tampilan seni karawitan,” tambahnya.

Melalui sajian tembang dolanan Garuda Pancasila, Suwe Ora Jamu, Menthok-menthok, Kuwi Apa Kuwi, Serayu dan Gugur Gunung, menjadikan suasana menjadi semakin meriah dan membanggakan. “Inilah satu-satunya madrasah yang memiliki ekstra kurikuler seni kerawitan di kota Semarang,” ungkapnya bangga.

Sajian terakhir, kisah dongeng Islami oleh pendongeng nusantara kondang yaitu Kak Roh.  Gelak dan tawa penonton menyertai kelucuan pendongeng kondang itu. Berkali-kali Kak Roh menguji sikap kritis siswa-siswi MI Nusantara dengan menyuruh melakukan sesuatu. Demikian ungkap Sukimin dengan bangga.

Dengan berjalanya semua rangkaian acara, Kepala MI Nusantara menyampakan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu terselenggaranya acara ini. Dalam kesempatan ini pula, Slamet Momok selaku komite madrasah juga akan selalu mendukung MI Nusantara dalam segala kegiatan. “ Pokoknya MI Nusantara Top Markotop,” pungkasnya. (skm-sby/gt)