Peringatan Nuzulul Qur`an Secara Virtual

Temanggung – Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Temanggung, H. Ahmad Muhdzir, mengikuti peringatan Nuzulul Qur’an 1442 H melalui virtual zoom meeting yang diselenggarakan oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Tengah. Kegiatan ini dilaksanakan  Senin (03/05) bertempat di Aula Kantor Kementerian Agama Kabupaten Temanggung.

Hadir dalam kesempatan tersebut, Kasubbag TU, H. Agus Latif, Kasi Pendidikan Madrasah H. Ahmad Sugijarto, Kasi PHU H. Eko Widodo, Kasi PD dan Pontren H. Akhsan Muayat, Kasi Pendidikan Agama Islam Hj. Hariyatiningsih  dan Penyelenggara Syariah, Hj. Maria Ulfah serta perwakilan dari unsur pondok pesantren.

Disela-sela kegiatan peringatan Nuzulul Qur’an secara virtual tersebut, Ahmad Muhdzir menyampaikan bahwa Nuzulul Qur’an merupakan peristiwa sangat penting, yaitu turunnya Al-Qur’an secara keseluruhan, dari lauhulmahfuz ke Baitul ‘Izzah di langit dunia, yang diwahyukan secara berangsur-angsur kepada Nabi Muhammad melalui perantara malaikat Jibril.

Untuk itu, dirinya mengajak kepada seluruh umat muslim di Kabupaten Temanggung, agar senantiasa menjadikan Al Qur’an sebagai pedoman dan pegangan hidup, demi keselamatan dunia dan akhirat. Terlebih dalam bulan Suci Ramadhan ini barang siapa membaca Al Qur’an maka pahalanya akan dilipatgandakan. ”Tadarus Qur’an pada bulan suci ramadhan merupakan amalan yang mulia,” tuturnya.

Kepala Kemenag mengatakan karena masih dalam masa pandemi Covid-19, dirinya menghimbau kepada masyarakat muslim di Kabupaten Temanggung untuk tidak mengadakan peringatan Nuzulul Qur’an secara langsung, dengan mengadakan pengajian atau sejenisnya yang berpotensi menimbulkan jama’ah atau masa yang berkerumun. Hal itu bertujuan untuk menjaga keselamatan bersama, demi memutus mata rantai penyebaran Covid-19 dengan meminimalisir sedini mungkin adanya cluster baru dalam penyebaran virus tersebut.(sr/bd)