Peringati Hari Bumi, MTsN Karanganyar Bagikan Seribu Tanaman

Karanganyar – Dalam rangka memperingati Hari Bumi yang jatuh pada tanggal 22 April, Madrasah Tsanawiyah Negeri Karanganyar membagikan seribu bibit tanaman kepada masyarakat. Adapun jenis tanaman yang diberikan kepada masyarakat adalah bibit cabai yang mudah ditanam dan banyak manfaatnya. Hal tersebut ditegaskan oleh Kepala MTsN Karanganyar, Sukidi, (22/04).

“Sebagai sedekah madrasah kepada alam, kami sebar seribu bibit kepada masyarakat, tepatnya ada 1.120 bibit yang kami berikan pada masyarakat. Diambil tanaman cabai karena mudah didapat, mudah tumbuh dan banyak manfaatnya sebagai bahan masakan”, kata Sukidi.

Lebih lanjut Sukidi mengatakan bahwa bibit tanaman itu akan diberikan kepada masyarakat melalui siswa, bapak/ibu guru serta pegawai yang ada di MTsN Karanganyar. “Bibit tersebut nantinya ditanam dan diberikan kepada masyarakat yang rumahnya dekat dengan siswa/bapak ibu guru/pegawai MTsN Karanganyar”, tambahnya.

Sementara itu, Guru MTsN Karanganyar, Anik Faizah mengatakan bahwa peringatan hari bumi ini merupakan momentum bagi siswa untuk mencintai bumi dengan cara menanam tanaman agar bumi yang semakin panas ini dapat sejuk seperti dulu.

“Dengan peduli terhadap bumi dan lingkungannya siswa akan memberikan contoh atau teladan kepada masyarakat (membiasakan perilaku bersih dan sehat) dan secara umum berdampak nyata pada kelestarian hidup”, kata Anik.

Sejarah Hari Bumi (Earth Day) yang diperingati setiap tanggal 22 April, diselenggarakan pertama kali pada 22 April 1970 di Amerika Serikat. Penggagasnya adalah Gaylord Nelson, seorang senator Amerika Serikat dari Wisconsin yang juga pengajar lingkungan hidup, gagasan disampaikannya sejak tahun 1969 dan mendapat dukungan luas. Dukungan ini mencapai puncaknya pada tanggal 22 April 1970. (ank-hd/wul)