Peringati Hari kartini, MAN Kutowinangun Berikan Bantuan Korban Tanggul Jebol

Kebumen – MAN Kutowinangun ikut ambil bagian dalam memperingati Hari Kartini. Upacara dalam memperingati Hari Kartini kali ini diikuti oleh seluruh Siswa-siswi Madrasah di Halaman MAN Kutowinangun dan berlangsung dengan tertib dan Khidmat (21/4). Berbeda halnya dengan peringatan hari Kartini di tempat lain, kali ini peringatan ini di serahkan bantuan berbagai kebutuhan untuk korban tanggul jebol di kecamatan Alian beberapa waktu yang lalu.

Pembina upacara Dra Hani Mulhimah selaku Waka Humas MAN Kutowinangun memaparkan tentang sejarah singkat tokoh kartini dalam amanatnya. Menurutnya Kartini dengan nama lengkapnya Raden Ajeng Kartini lahir di Jepara tanggal 1 April 1879 putri dari RM Sosroningrat yang masih keturunan dari Sri Sultan Hamengkubuwono VI bahkan ada yang mengatakan bahwa gadis keturunan ayahnya dari Kerajaan Majapahit.

Selain memaparkan Sejarah Singkat RA. Kartini, beliau juga berpesan agar seluruh siswa-siswi MAN Kutowinangun dapat meneladani sosok RA Kartini yang sampai saat ini masih menjadi pahlawan emansipasi.

Seperti halnya di tempat lain, dalam Upacara memperingati Hari Kartini tersebut tidak lupa dinyanyikan lagu “Ibu Kita Kartini” dan dilanjutkan pengumuman dan penyerahan hadiah Juara Lomba Pagelaran Siswa yang dilaksanakan pada waktu HUT MAN Kutowinangun bulan Maret lalu.

Kemudiaan saat upacara telah selesai, Osis dan perwakilan beberapa Guru/ Pembina menuju ke Desa Bojongsari Alian untuk melaksanakan Bhakti Sosial dengan menyerahkan bantuan berupa kebutuhan pokok dan pakaian pantas pakai, “kami turut prihatin dengan adanya bencana tanggul jebol yang melanda desa Bojongsari, semoga yang terkena musibah bisa sabar dalam menghadapinya,” tutur Pembina Upacara. (hd/pt/Af)