Peringati Hari Kartini, MIN Muktisari Adakan Jalan Santai

Kebumen – Sebanyak 350 murid dan guru MIN Muktisari ikut ambil bagian memeriahkan Hari Kartini dengan melaksanakan jalan santai mengelilingi lingkungan Madrasah, Jumat (21/4). Diawal acara nuansa khidmat begitu terasa ketika seluruh siswa dan guru menyanyikan lagu Ibu Kita Kartini  secara bersama-sama.

Menggunakan seragam adat Jawa, mereka terlihat sangat menikmati peringatan yang dilaksanakan setahun sekali tersebut. Berbagai poster juga terlihat dibawa oleh sebagian siswa dengan beragam tulisan seperti Habis Gelap Terbitlah Terang, Kartini Pahlawan Emansipasi Wanita, dsb.

Sejarah Indonesia menceritakan bahwa peran kaum wanita zaman dahulu dalam pendidikan memang masih sangat terbatas. Banyak kaum wanita yang tidak bisa mengenyam pendidikan secara maksimal. Hari Kartini merupakan satu momen penting untuk mengenang dan mengingatkan kembali jasa besar  Raden Ajeng Kartini dalam usahanya menyetarakan kesamaan hak kaum wanita untuk bisa ikut berperan terutama dalam bidang pendidikan. Dialah pahlawan emansipasi wanita dengan bukunya yang terkenal “Habis Gelap Terbitlah Terang” sehingga menginspirasi wanita – wanita hebat masa kini.

Menurut Sri Nur Hidayati, S.Pd.I selaku panitia penyelenggara, MIN Muktisari memandang penting peringatan Hari Kartini ini untuk dilaksanakan. “Hal ini penting diperingati agar para siswa bisa lebih tahu dan memahami akan jasa besar Raden Ajeng Kartini terutama bagi kaumnya (kaum wanita),” paparnya.

Lebih menarik lagi ketika diakhir kegiatan panita menyelenggarakan acara fashion show bagi siswa-siswa. Layaknya peragawan dan peragawati para siswa menampilkan kebolehannya memamerkan gaya busana Jawa hasil dandanan ibu di rumah sebagai Kartini mereka.(am/pt/Af)