Peringati Hari Lingkungan Hidup Sedunia, Matsaga Kebumen Tanam “TOGA”

Hari lingkungan hidup sedunia diperingati setiap tanggal 5 Juni. Adanya hari lingkungan hidup sedunia ini dicanangkan oleh PBB untuk menggungah kesadaran banyak orang untuk menjaga lingkungan dan ekosistem supaya tetap lestari. Tema yang diusung secara umum tahun ini adalah restorasi lingkungan. Sejalan dengan tema yang diangkat Matsaga “Kembali ke Alam”.

Dalam kesempatan ini, Matsaga menyelenggarakan berbagai kegiatan seperti penanaman TOGA (tanaman obat keluarga), kerja bakti, dan senam bersama. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh guru dan pegawai Matsaga. Diawali dengan kegiatan senam bersama yang dilangsungkan di halaman madrasah. Usai istirahat sejenak, kegiatan dilanjutkan dengan penanaman Tanaman Obat Keluarga (TOGA) di area sekitar green house.

Jenis TOGA yang ditanam antara lain kunyit, kencur, jahe, sereh, laos, dan masih banyak lagi. Selain penanaman TOGA juga diadakan kegiatan untuk mempercantik taman yang berada di sekitar gazebo. Kerja bakti juga dilakukan di setiap ruang kelas dan lingkungan sekitar.  Usai kerja bakti, tim lingkungan hidup menyajikan bubur kacang hijau sebagai penyemangat. Setiap kegiatan tersebut tentunya dilaksanakan dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan.

H. Jahroni, M.Ag selaku kepala MTs Negeri 3 Kebumen menyampaikan bahwa keluarga Matsaga luar biasa dalam berkomitmen menjaga kelestarian lingkungan. Upaya menjaga kelestarian lingkungan tidak hanya dikerjakan di lingkungan madrasah saja tetapi dilakukan pula di lingkungan rumah masing-masing.

Menurutnya, kegiatan tersebut sebagai upaya mengedukasi masyarakat bahwa kebersihan lingkungan merupakan hal penting. Sekecil apapun upaya misalnya seperti membuang sampah pada tempatnya, akan memberikan dampak baik pada lingkungan. Hal tersebut juga dapat menjadi catatan amal ibadah.

Lebih lanjut beliau mengharapkan kegiatan seperti ini tidak hanya dilaksanakan karena adanya momentum Hari Lingkungan Hidup Sedunia saja melainkan dilaksanakan secara terus menerus. Sejalan dengan Matsaga yang merupakan Madrasah Adiwiyata.”Mari kita rawat lingkungan kita sebagai wujud syukur kita kepada Allah S.WT. atas segala nikmatNya,” ajak Kamad.(nh/fz).