Peringati Hari Santri, Kemenag Pati Gerakkan 1000 Khataman Al Qur’an

Peringati Hari Santri, Kemenag Pati Gerakkan 1000 Khataman Al Qur’an

Pati – Peringatan Hari Santri Nasional 2021 Jajaran Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pati dilakukan dengan cara virtual karena masih dalam situasi pandemi Covid-19. Salah satunya adalah dengan menggelar gerakan 1000 khataman Al-Qur’an secara virtual melalui Zoom Meeting pada Kamis (14/10/2021).

Hadir secara virtual membuka khataman Al-Qur’an ini Rois Syuriyah PCNU Kab. Pati KH. M. Aniq Muhammadun dengan dihadiri secara luring oleh Kepala Kemenag Pati beserta jajaran pejabat, ketua FKPP, ketua FKDT dan ketua badko LPQ Kab. Pati.

“Kita sama-sama mengadakan khataman Al-Qur’an dan doa bersama untuk keselamatan bangsa. Khususnya di masa pandemi seperti ini bagaimana kita sama-sama mendoakan agar bangsa Indonesia segera keluar dari masa pandemi,” ujar Kasi PDPontren Kemenag Pati  Subhan dalam laporannya di acara pembukaan.

Subhan menyampaikan bahwa kegiatan ini diikuti oleh seluruh pegawai kantor Kemenag Pati,  pengasuh pondok pesantren serta badan koordinasi taman pendidikan Al Quran (TPQ) di Kab. Pati. Kegiatan ini dilaksanakan secara virtual zoom untuk menghindari kerumunan.

“Bagaimana kita sekarang mengadakan sesuatu, belajar, rapat, semua dengan online. Ini bukan sifat kita. Sifat kita adalah bagaimana kita bisa bertemu bersama. Tapi, memang karena situasi, maka kita mengadakan acara pun seperti ini. Tetapi ini tidak menghilangkan khidmat dan maksud dari acara,” jelasnya.

Pada kesempatan itu, Kepala Kemenag Pati Ali Arifin dalam sambutannya mengatakan bahwa peringatan Hari Santri ini mengingatkan kepada umat untuk senantiasa mentauladani ajaran-ajaran para kiai, ajaran-ajaran keutamaan yang semuanya bersumber dari kitab suci Al-Qur’an.

“Semaan Alquran ini dilaksanakan untuk menyinari seluruh Kabupaten Pati. Dengan cahaya Alquran seraya kita semua berdoa kapada Allah subhanahu wa ta’ala  agar Kab. Pati segera terlepas dari pandemi Covid-19 dan juga memanjatkan doa agar seluruh Kabupaten Pati perikehidupan masyarakatnya semakin bertambah maju,” tegasnya. (at)