Peringati Hari Santri Kemenag Wonogiri Berikan Beasiswa Prestasi Siswa Madrasah

Wonogiri – Kantor Kementerian Agama Kabupaten Wonogiri menyelenggarakan Upacara Peringatan Hari Santri Nasional (HSN) Tahun 2017 di halaman kantor setempat, bertindak sebagai pembina upacara Ka. Kankemenag Wonogiri, H. Subadi yang di ikuti ASN Kankemenag Wonogiri, Kepala KUA, Kepala madrasah dan Penyuluh Agama Islam Fungsional, Senin (23/10) .

Dalam amanatnya Ka. Kankemenag Wonogiri menyampaikan bahwa peringatan Hari Santri Nasional tahun 2017 ini mengusung tema Wajah Pesantren, Wajah Indonesia. Pesantren, memiliki berkontribusi besar terhadap munculnya semangat dan nasionalisme Keindonesiaan yang tidak terbantahkan dalam rentang sejarah perjalanan bangsa Indonesia.  “Kiprah santri teruji dalam mengokohkan pilar-pilar NKRI berdasarkan Pancasila yang bersendikan Bhinneka Tunggal Ika. Santri berdiri di garda depan membentengi NKRI dari berbagai ancaman,” terangnya.

Selepas Reformasi, kaum santri menjadi bandul kekuataan moderat sehingga perubahan konstitusi tidak melenceng dari khittah 1945 bahwa NKRI adalah negara-bangsa bukan negara agama,bukan negara suku—yang mengakui seluruh warga negara memiliki hak dan kewajiban yang sama, tanpa diskriminasi berdasarkan suku, ras, agama, dan golongan.

“Kenyataan ini perlu diungkapkan untuk menginsyafkan semua pihak, termasuk kaum santri sendiri, tentang saham mereka yang besar dalam berdiri dan tegaknya NKRI. Tanpa kiprah kaum santri, dengan sikap-sikap sosialnya yang moderat (tawassuth), toleran (tasâmuh), proporsional (tawâzun), lurus (i’tidâl), dan wajar (iqtishâd), NKRI belum tentu eksis sampai sekarang,” jelasnya.

Setelah usai upacara juga di serahkan beasiswa prestasi untuk 14 santri madrasah yang kemarin mendapatkan nilai 100 waktu ujian Nasional kemarin, beasiswa langsung di sampaikan Ka. Kankemenag di dampingi Kasubbag TU dan di terima santri yang bersangkutan.

Dalam pesannya Ka. Kankemenag berharap para santri yang mendapat beasiswa untuk selalu giat belajar dan tetap pertahankan dan tingkatkan prestasi akademik yang telah di torehkan, kepada bapak ibu guru untuk tetap meningkatkan kualitasnya dalam mengajar sehingga lulusan madrasah tetap unggul.

Bupati Irup Upacara Hari Santri Nasional

Buapti Wonogiri, Joko Sutopo bertindak sebagi Irup Upacara bendera peringatan Puncak Hari Santri Tingkat Wonogiri di gelar pada hari Minggu (22/10) bertempat Alun-alun Giri Krida Bhakti Wonogiri yang di ikuti kurang lebih 5 ribu santri dari berbagai penjuru Kabupaten Wonogiri. Turut hadir dalam acara tersebut Wakil Bupati, Forkompinda, Kepala SKPD pimpina ponpes se kabupaten Wonogiri. Bupati membacakan pidato Ketua PB NU.

Di Temui setelah upacara Bupati Wonogiri, Joko Sutopo mengatakan, Pemkab berkomitmen dalam kerangka yang lebih luas untuk mendukung eksistensi ahlus sunnah wal jamaah. Salah satunya dengan mempersilahkan penggunaan pendapa kabupaten untuk kegiatan syiar.

Di sisi lain, dia mengingatkan, ada persoalan krusial yang harus dihadapi di era globalisasi. Menurutnya, zaman sudah berubah dan muncul paradigma baru, di mana terdapat pragmatisme pada ideologi-ideologi yang tidak selaras dengan Pancasila dan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). (Mursyi_Heri/Wul)