Upacara Peringatan Hari santri

Peringati Hari Santri, Muh Mu’alim Serahkan Bantuan 60 Juta Rupiah

Sukoharjo – Kankemenag Kabupaten Sukoharjo melalui Seksi PD Pontren mengundang santri dari 10 PKPPS (Pendidikan Kesetaraan Pondok Pesantren) se-Kabupaten Sukoharjo untuk mengikuti Upacara Peringatan Hari Santri melalui aplikasi video streaming dari Lapangan Ponpes Roudhotul Mubtadiin Balekambang Jepara yang digelar di Aula Kankemenag, Jum’at (22/10).

Pada Kegiatan peringatan hari santri tersebut, peserta mengenakan atasan baju putih dan bawahan sarung lengkap dengan peci hitam ciri khas santri, tak terkecuali Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sukoharjo Muh Mu’alim beserta para Kasi dan Penyelenggara di lingkungan Kankemenag Kabupaten Sukoharjo yang  turut hadir dalam kegiatan tersebut.

Tidak bisa dipungkiri peran besar santri dalam mengawal negeri ini, santri yang selalu siap dan siaga dalam kondisi apapun selalu memiliki kemapuan untuk mengatasi berbagai kesulitan yang dihadapi bangsanya .

” Dengan peringatan hari santri kami berharap bahwa santri kita menjadi santri yang betul-betul sebagaimana tag line santri yang semangat, santri yang siaga jawa raga karena santri setiap saat selalu siap untuk membantu negara kita terbukti sejak adanya kemerdekaan kita juga sudah siap sampai sekarang pun santri selalu siap untuk membantu negara kita tercinta ini.” Kata Kakankemenag Muh. Mua’lim ketika ditemui seusai berfoto bersama para santri.

Terkait dengan kondisi Pandemi yang mesih belum berakhir ini Muh. Mu’alim juga berpesan agar disamping usaha lahiriah yang maksimal ia juga berharap para santri menjadi pelopor untuk usaha batiniah yang juga maksimal baik itu melalui kegiatan sholawat, istighosah dan doa.

”Dengan adanya pandemi Covid-19 kita berharap, secara lahiriah kita kan berusaha secara maksimal dengan prokes 5M tapi kenyataannya masih belum seperti yang kita harapkan dan dengan peringatan hari santri kita berharap kita laksanakan sholawat, istighosah semoga dengan sholawat Covid segera minggat sebagaimana yang disampaiakan pak gubernur kemarin, kita selalu berdoa kepada Allah SWT agar Covid-19 ini segera diambil kembali karena hakikatnya memang Allah yang memberi maka Allah juga yang akan bisa mengambilnya.” Pungkas Kakankemenag.

Sementara itu ditempat yang sama, Kasi PD Pontren yang juga Ketua UPZ Kankemenag Kabupaten Sukoharjo Abdul Rachman menerangkan, pada momen peringatan hari santri tersebut pihaknya mentasyarufkan bantuan dari UPZ sejumlah 60 juta yang diserahkan oleh Kakankemenag Muh. Mu’alim secara simbolis kepada perwakilan dari 10 PKPPS. “ Untuk 300 santri masing-masing santri dua ratus ribu, kriterianya santri duafa dari pendidikan kesetaraan pondok pesantren 10 PKPPS, masing-masing PKPPS mendapat 30 santri” jelas Abdul Rachman. (djp/rf)