Peringati Harkitnas 2021, ASN Kemenag Pati Menyanyikan Lagu Indonesia Raya

Pati – Setiap tanggal 20 Mei merupakan Hari Peringatan Kebangkitan Nasional (Harkitnas). Pada Tahun ini, Harkitnas yang ke-113 jatuh pada hari Kamis (20/5/2021) .

Dalam peringatan itu, menyampaikan pesan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Kepala Kanwil Kementerian Agama Provinsi Jawa Tengah Musta’in Ahmad mengajak ASN Kemenag Jawa Tengah dimana pun berada untuk memperingati Harkitnas dengan cara menyanyikan lagu Indonesia Raya.

Kali ini, Aparatur Sipil Negara (ASN) Kemenag Kab. Pati ada yang sedikit berbeda pada pagi itu. Mereka berhenti mengerjakan tugasnya sejenak dan beranjak menuju aula kantor setempat untuk menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya pada pukul 10.00 WIB.

Hal tersebut dilakukan dalam rangka memperingati Hari Kebangkitan Nasional ke-113 yang jatuh pada Kamis (20/5).

Kepala Kantor Kemenag Kab. Pati, Ali Arifin mengatakan pada pukul 10.00 WIB itu semua ASN dimanapun berada secara serentak menyanyikan lagu Indonesia Raya dalam memperingati Harkitnas.

“Jadi hari ini ASN dimanapun serentak menyanyikan lagu Indonesia Raya tepat jam 10.00 WIB. Hari ini bertepatan dengan peringatan hari Kebangkitan Nasional,” ujarnya sebelum acara dimulai.

Dalam kesempatan itu, Ali Arifin menuturkan peringatan Harkitnas tersebut tidak hanya seremoni saja melainkan agar menumbuhkan rasa persatuan dan kesatuan.

“Tentunya ini sebagai momentum bersama-sama untuk mengingat kembali persatuan dan kesatuan. Sekali lagi selamat memperingati Hari Kebangkitan Nasional,” ungkapnya.

Sementara dalam sambutan arahan Kepala Subbag Tata Usaha Kemenag Pati Ahmad Syaiku mengatakan, Malam sebelumnya, Kepala Kanwil Kementerian Agama Provinsi Jawa Tengah Musta’in Ahmad melalui video di media sosial menyampaikan pesan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengajak masyarakat Jawa Tengah pada tanggal 20 Mei 2021 yang memperingati Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) tersebut untuk mengumandangkan lagu kebangsaan Indonesia Raya.

”Pada pukul 10 pagi di Hari Kebangkitan Nasional ini, ayo kita bersama-sama mengumandangkan lagu kebangsaan kita,” ajak Syaiku.

“Ini mungkin sesuatu yang sederhana dan seolah biasa-biasa saja. Mungkin kita sudah terbiasa menyanyikan lagu Indonesia Raya seperti menyanyikan lagu-lagu lain. Tapi di momen ini, ayo kita hayati benar-benar setiap kata setiap baris yang menggambarkan perjuangan, tekad dan persatuan tanah air, “ujarnya.

Dia juga berharap dalam peringatan Harkitnas itu dapat mempertebal spirit nasionalisme serta memperkuat persatuan bangsa.

”Saya berharap akan mempertebal spirit nasionalisme. Memperkuat kesadaran setiap ASN Kemenag Pati pada persatuan kesatuan bangsa menyadari betul. Apa arti pentingnya berbhinneka tunggal ika dan saling menghormati perbedaan diantara kita, “pungkasnya. (at)