Peringati Harlah Ke-47, MAN Cilacap Menggelar Khatmil Al Quran 47 Kali

Cilacap – Dalam rangka memperingati Harlah (Hari Lahir)  MAN Cilacap ke-47 yang akan jatuh pada pada (7/7) 2017, Kamis (29/04) digelar kegiatan akbar khatmil Al Quran sebanyak 47 kali.

            Kegiatan dimulai pukul 08.00 di kampus MAN Cilacap, Jalan Raya Kalisabuk KM 15 Cilacap. Teknis khataman diawali pengelompokkan 150 siswa yang tergabung dalam organisasi HIMDAIS (Himpunan Dai Siswa). Di dalamnya terdapat penghafal Al Quran terdistribusi menjadi 15 majelis.   Setiap siswa diharuskan menyelesaikan tiga juz.

Sebanyak 28 kelas di MAN Cilacap terbagi menjadi 28 majelis menyelesaikan satu juz. Sedangkan untuk pendidik dan tenaga kependidikan sebanyak 60 orang terbagi menjadi empat majelis dengan menyelesaikan dua jus setiap orangnya. Sehingga bila dijumlahkan berjumlah 47 majelis.

            Kegiatan tersebut dilaksanakan di beberapa tempat, yakni di masjid untuk penghapal Al Quran dan anggota HIMDAIS, ruang perpustakaan bagi para guru wanita, multimedia untuk guru dan karyawan pria, ruang kelas untuk masing-masing kelas.        Pakaian serba putih mendominasi suasana MAN Cilacap sambil diiringi merdunya alunan bacaan ayat suci Al Quran.

Kepala MAN Cilacap, Muhadin mengatakan bahwa kegiatan tersebut bertujuan semata-mata mengharap keberkahan dari Allah SWT. Dan yang tidak kalah pentingnya adalah sebagai ajang aktualisasi diri siswa dan pendidik dalam kegiatan syiar Islam. Sehingga akan lahir generasi penerus bangsa dan agama yang berkarakter.

“Melalui Khotmil Qur’an diharapkan bisa menanamkan karakter yang kuat dan tertancap di lubuk sanubari siswa paling dalam. Sehingga mereka tidak ahanya memiliki kecerdasan intelektual semata tetapi juga kecerdasan sosial keagamaan,”ungkapnya.

Sebagai penutup, khatmil Al Quran diakhiri dengan doa khatmil Al Quran yang dipandu oleh Irsyadu Ikhsan  siswa kelas XI – IPA 1 setelah berlangsung tiga jam.(Agus/On/bd)

           

             G