Peringati Harlah Pancasila, ASN Kemenag Deklarasikan Kesetiaan

Kendal – Memperingati Hari Lahir Pancasila, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kendal Saerozi beserta Aparatur Sipil Negara (ASN) dilingkungannnya  menggelar deklarasi kesetiaan pada Pancasila, UUD 1945 dan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) bertempat di Halaman Kantor setempat, Kamis (01/06).

Kegiatan Deklarasi kesetiaan ASN yang masuk dalam rangkaian upacara hari lahir pancasila ini berisi janji setia dan taat kepada pancasila sebagai pandangan hidup dan ideologi bangsa, UUD 1945 sebagai konstitusi negara, menjaga kedaulatan dan keutuhan NKRI serta menghargai perbedaan dan keberagaman sesuai semboyan Bhinneka Tunggal Ika.

Saerozi menyampaikan, peringatan hari Pancasil yang jatuh pada hari ini di harapkan menjadi momentum untuk menanamkan semangat dan nilai-nilai dasar negara yakni Pancasila. Apalagi saat ini, Indonesia tengah diuji persatuannya.

“Kebhinnekaan kita sedang diuji, saat ini ada pandangan dan tindakan yang mengancam kebinekaan dan keikaan kita,” ujar Saerozi.

Saerozi menjelaskan, selain kebinekaan, ancaman juga terjadi kepada pancasila yang dibawa oleh sekelompok orang mengusung ideologi selain pancasila dan tidak toleran terhadap keberagaman. “Masalah ini semakin diperparah oleh banyak penyalahgunaan media sosial yang banyak menggaungkan hoax alias kabar bohong,” tambahnya.

Kegiatan upacara yang bertepatan pada bulan ramadan ini diikuti dengan khidmad oleh peserta, ini membuktikan meskipun puasa kegiatan harus tetap berjalan dan tidak mengurangi jiwa nasionalisme ASN dilingkungan Kementerian Agama Kab. Kendal. (ja/gt)