Peringati Idul Adha Penyuluh Agama Islam, Sumbang Sapi Kurban

Banjarnegara – Untuk yang kesekian kalinya, dalam rangka Idul Adha 1439 Hijriyah, tepatnya Kamis 23 Agustus 2018, para Penyuluh Agama Islam Fungsional Kantor Kemenag Kab. Banjarnegara yang tergabung dalam wadah Kelompok Kerja Penyuluh Agama Islam (Pokjaluh), mengadakan rangkaian bakti sosial.

Kegiatan kali ini berupa pemberian bantuan 1 ekor sapi kurban dari para Penyuluh Fungsional kepada masyarakat khususnya yang masih membutuhkan perhatian dan pembinaan, tepatnya Di Dukuh Silangit Desa Kaliwungu Kecamatan Mandiraja Kabupaten Banjarnegara. Sebelumnya, setiap bulan ramadan Pokjaluh bekerja sama dengan Baznas Kabupaten UPZ Kantor Kemenag Kab. Banjarnegara secara rutin telah sukses mengadakan rangkaian amaliah ramadan berupa sima'an 30 juz, tarhim dan pengajian umum, ditutup dengan pembagian paket sembako kepada fakir miskin.

Sebagaimana diungkapkan Soif Toif, selaku ketua penyelenggara didampingi Sekretaris Pokjaluh, Toto Subagyo.

“Tujuan diadakan kegiatan bakti sosial selain untuk melaksanakan program kerja tahunan juga memiliki tujuan agar dalam melakukan kegiatan tupoksi bimbingan penyuluhan, selain melakukan bimluh bil qoul juga bil hal dan bil mal, teoritis praktis,” terang Soif.

Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Banjarnegara, Masdiro, didampingi Kasi Bimas Islam, Ali Mustofa, dalam sambutan menyampaikan arahannya

“Penyuluh Agama Islam Fungsional sebagai corong dan garda terdepan Kementerian Agama dalam menyampaikan informasi dan kebijakan Kemenag, terkait pelayanan kepada masyarakat harus lebih banyak berbaur dengan warga binaannya agar tupoksi bimluh berjalan efektif,” jelas Masdiro.

Ia juga memberikan apresiasi yang tinggi atas program kerja Pokjaluh khususnya terkait baksos pemberian bantuan sapi kurban dan berharap bisa memberi manfaat langsung kepada masyarakat serta memotivasi rekan kerja yang lain untuk melakukan hal serupa. Kegiatan diakhiri dengan penyembelihan sapi kurban dan rakor Pokjaluh. (Nangim-Toto/Sua)