Peringati Isra Miraj 1438 H, FKPAI-LP2A Jebres Gelar Jalan Sehat

Surakarta – Dalam rangka memperingati Isra Miraj Nabi Muhammad SAW, Forum Komunikasi Penyuluh Agama Islam (FKPAI) kerjasama dengan Lembaga Pendidikan dan Pengamalan Agama (LP2A) Islam Kelurahan Jebres mengadakan jalan sehat keluarga sakinah. Kegiatan ini selain diikuti oleh jamaah di 54 masjid yang ada di kelurahan Jebres juga melibatkan santri TPA, tokoh agama dan tokoh masyarakat. Adapun start dan finis mengambil tempat di Taman Cerdas Jebres Kota Surakarta, Minggu (23/4).

Menurut salah seorang penyuluh fungsional (ASN) Kantor Kemenag Kota Surakarta, Kasmiyanto yang juga pengurus FKPAI mengatakan kegiatan jalan sehat ini selain bermanfaat untuk menjaga kesehatan jasmani, tentunya juga diharapkan dapat meningkatkan keimanan dan ketaqwaan umat Muslim kepada Allah SWT, serta menjadi motivasi dalam mewujudkan hidup bermasyarakat yang bermartabat dalam kehidupan bangsa dan negara yang bertujuan menjalin persatuan dan persaudaraan baik sesama umat beragama maupun antar umat beragama di kelurahan Jebres.

“Semoga dengan acara jalan sehat ini bisa semakin kita semakin sehat dan yang terpenting lagi dapat meningkatkan tali silaturahmi dengan sesama umat muslim di kelurahan Jebres”, kata Kasmiyanto.

Senada dengan FKPAI, Ketua LP2A Islam Kelurahan Jebres, Bangun Sugito mengatakan selain menyambut Isra Miraj, kegiatan juga dimaksud untuk menjalin silaturrahmi.  Mereka memperhatikan dan menjaga kesehatan serta meningkatkan ukhuwah Islamiyah para takmir dan jamaah masjid di wilayah Kelurahan Jebres sekaligus sebagai sarana syiar Islam di tengah masyarakat.

Bangun Sugito lebih lanjut menjelaskan agenda jalan sehat keluarga sakinah merupakan program rutin tahunan dan setiap tahun minat dari peserta semakin meningkat. Untuk menghindari kejenuhan dari peserta panitia berusaha untuk membuat konsep penyelenggaraan yang berbeda tiap tahunnya.

“Tahun ini rute jalan sehat sengaja tidak melewati rute jalan besar, namun mengambil rute masuk kampung ke kampung, melewati masjid ke masjid, karena selain untuk menghindari kemacetan dan rasa aman bagi peserta juga sambil menikmati panorama pagi dan kesegaran udara pagi yang asri”, ujar Bangun.

Secara simbolis peserta jalan sehat, dilepas oleh Lurah Jebres, Sulistyani. Selepas jalan sehat para peserta berbaur dan bersilaturrahmi, sambil menikmati hiburan serta pembagian puluhan doorprize yang disediakan panitia.

Lurah Jebres, Sulistyani, sangat mengapresiasi kegiatan ini dan sejalan dengan visi-misi Kota Surakarta, bahwa warga harus waras (sehat) lahir dan batin.

Salah satu peserta jalan sehat, Giyarti mengatakan, sangat senang ikut kegiatan ini, selain banyak doorprize juga memberikan dampak positif. “Saya berharap kegiatan bisa diadakan rutin”, kata dia.(rma)