Peringati Kemerdekaan, Penyuluh Lintas Agama ini Adakan Upacara di Puncak Gunung

Rembang – Ada cara unik untuk memeringati Hari Kemerdekaan RI yang ke-76 pada tahun 2021 ini. Sejumlah aktivis yang mengatasnamakan Peredam (Persaudaraan Rembang Damai) mengadakan aksi naik gunung dan mengadakan upacara peringatan HUT RI di puncak gunung Kajar, Kecamatan Lasem.

Komunitas ini berjumlah 14 orang terdiri atas penyuluh agama dan pemuda dari lintas agama dan kepercayaan. Ada yang dari Penyuluh Agama Islam, Penyuluh Agama Kristen, Penyuluh Agama, Katholik, Penyuluh Agama Hindu, Agama Budha dan Agama Konghucu, juga penganut aliran kepercayaan. Bahkan, ada di antaranya aktivis sosial kemasyarakatan, yaitu Fathimah Asri yang merupakan penyandang disabilitas. Asri ini adalah Ketua Fatayat NU Cabang Lasem.

Penggerak Komunitas Peredam ini, Endang Iswahyuni merupakan Penyuluh Agama Islam non PNS KUA Sarang I. Endang bersama 13 penganut agama dan kepercayaan lainnya berangkat naik dan tiba di atas Gunung Kajar sekitar pukul 07.00 WIB.

Setibanya di puncak gunung, Peredam menggelar Upacara Bendera dalam rangka memperingati HUT RI ke-76. Upacara dipimpin oleh Endang Iswahyuni. Endang meminta kepada anggota komunitas untuk menaati protokol kesehatan 5 M dan 1 D dan juga gencar menyosialisasikan kepada masyarakat.

“Marilah kita menjadi pelaku sejarah yang melukis di kanvas kehidupan dengan sebaik-baiknya. Berguna untuk Agama, bangsa dan negara, terutama untuk umat masing-masing,” ujarnya.

Dengan adanya komunitas ini, Endang berharap persatuan dan kesatuan serta perdamaian di Rembang khususnya dan Indonesia pada umumnya dapat selalu terjaga. — iq