Perkuat Ukhuwah Dengan Tarling Romadhan

BLORA – Dalam rangka memeriahkan kegiatan amalan Bulan Ramadan dan menjalin silaturahmi dengan masyarakat, Pemkab Blora didukung Kemenag Blora menyelenggarakan program Tarawih Keliling (Tarling) yang diawali dengan buka bersama di 16 Kecamatan se Kabupaten Blora.

Sebagai kegiatan perdana, pembukaan tarling dilaksanakan di Pendopo Rumah Dinas Bupati pada Senin petang (29/5), dihadiri Bupati H.Djoko Nugroho Wakil Bupati H.Arief Rohman, Kapolres AKBP Surisman, Dandim 0721 Blora Letkol Inf Susilo, Kepala Kejari Blora Yulitaria, Sekda Bondan Sukarno serta jajaran Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) lainnya, masing-masing beserta istri.

Ketua panitia tarling, Hariyanto yang juga Kabag Kesra Setda Blora menyatakan bahwa kegiatan tersebut diikuti oleh 500 jamaah. Tidak hanya kalangan pejabat saja, namun juga berbagai ormas Islam mulai NU, Muhammadiyah, MTA hingga gabungan organisasi wanita dan masyarakat kurang mampu dari beberapa desa yang ada di Kecamatan Blora Kota.

Kegiatan tarling diawali dengan buka bersama, dilanjutkan dengan sholat maghrib, sholat isyak dan sholat tarawih berjamaah dengan imam KH Muhtadi Noor dari Jetis Blora. Serta diakhiri dengan pengajian umum yang diberikan oleh KH Ahmad Minardi dari Desa Kemiri Kecamatan Jepon.

Usai tarawih, dilakukan penyerahan bantuan dana sosial kepada 20 masyarakat kurang mampu dan duafa dari Bazda Kabupaten Blora yang diserahkan langsung oleh Bupati H.Djoko Nugroho dan Wakil Bupati H.Arief Rohman M.Si bersama Forkopimda. “Semoga ini dapat bermanfaat dan bisa meringankan beban selama Ramadan hingga Lebaran nggih Mbah,” ucap Bupati.

Bupati juga mengapresiasi pelaksanaan pembukaan Tarling kali ini yang diikuti oleh berbagai ormas Islam. “Inilah Indonesia, inilah NKRI. Meskipun tarawih dilaksanakan sebanyak 23 rekaat sesuai tradisi NU namun semuanya bisa menerima, saling menghormati dan menghargai. Ayo wujudkan Blora yang bersatu, aman dan tentram. Apalagi dalam suasana bulan yang penuh berkah ini,” lanjut Bupati.

Sementara itu KH Ahmad Minardi S.PdI dalam tausyiahnya mengajak seluruh jamaah untuk meningkatkan keimanan dan ketaqwaan terhadap Allah SWT. Menurutnya seluruh umat di mata Allah itu sama, jabatan dan kedudukan tidak berpengaruh. Yang membedakan hanyalah tingkatan iman dan taqwanya. “Sing sugih ojo semugih, sing mlarat ojo nelongso. Amargo kabeh iki podo,” tegasnya.

Kepala Kankemenag Blora, Nuril Anwar sangat mendukung kegiatan tarling Ramadhan yang digelar oleh Pemkab Blora di berbagai Kecamatan yang akan mampu menyemarakkan kegiatan keagamaan selama bulan Ramadhan dan bisa meningkatkan ukhuwah sesama muslim serta  hubungan harmonis pemerintah bersama dengan masyarakat dan Kemenag akan turut berpartisipasi mengikuti kegiatan Tarling tersebut.

“semoga Tarling Ramadhan tahun ini membawa berkah dan meningkatkan persaudaraan kita bersama”ujarnya.(ima/bd)