Perluas Peran Masjid, Pesan Staf Ahli Kemenag

Semarang (Humas) – Penguatan Sumber Daya Manusia (SDM) Takmir Masjid dan Peresmian Masjid Al Hikmah Kanwil Kemenag Prov. Jateng oleh Menteri Agama Republik Indonesia yang dalam hal ini diwakili oleh Staf Ahli Bidang Hukum dan HAM, Abu Rokhmad serta Pengukuhan Takmir Masjid Al Hikmah periode 2021 s.d. 2024.
Abu Rokhmad menyampaikan pesan Menteri Agama Republik Indonesia, pesan yang luar biasa menyangkut perluasan peran tempat ibadah.

“Perluas peran tempat ibadah, termasuk masjid sebagai pusat toleransi, pusat moderasi beragama, dan bahkan pusat solusi permasalahan bangsa,” tutur Abu Rokhmad pada Sabtu, (6/11/2021)┬ádi halaman Kanwil Kemenag Prov. Jateng.

Abu Rokhmad juga menambahkan pengembangan peran masjid yang lebih luas lagi yakni sebagai center community, tempat pemberdayaan masyarakat yang mencerminkan humanisme.

“Makna pengembangan masjid dalam hal ini dapat diperluas, masjid bukan hanya tempat ibadah, masjid juga sebagai tempat pendidikan, tempat untuk penerangan, kegiatan ekonomi dan sisi masjid yang mengedepankan wajah kemanusiaannya, serta mengajak kepada kebaikan,” imbuhnya. 

Masjid diharapkan dapat dijadikan tempat untuk mencari atau menjadi solusi, menyelesaikan berbagai masalah yang dimiliki bangsa.

Senada dengan Staf Ahli, Kakanwil Kemenag Prov. Jateng, Musta’in Ahmad menuturkan pembangunan masjid yang telah diselesaikan sesuai target dalam kurun waktu setahun ini, tidak hanya fisiknya namun juga pengembangan fungsi masjid.

“Selain pengembangan pembangunan masjid secara fisik, pengembangan manajemen masjid pada Kanwil Kemenag Prov. Jateng dan Kemenag Kab/Ko dapat dijadikan rujukan dan teladan bagi masyarakat,” harap Musta’in.

Nampak hadir Ketua MUI, KH. Ahmad Darodji membacakan doa pembuka acara. Hadir pula Ketua Umum DMI Jateng, Ketua PW Muhammadiyah, Perwakilan Bank Syariah Indonesia, Perwakilan Bank Jateng Syariah sebagai tamu undangan. Hadir pula para pejabat administrator jajaran Kanwil Kemenag Prov. Jateng, Kakankemenag Kab./Ko se Jateng, perwakilan pejabat pengawas pada Kanwil Kemenag Prov. Jateng, para para panitia pembangunan masjid, para takmir masjid Al Hikmah periode 2021 s.d. 2024 serta para takmir masjid pada Kankemenag Kab/Ko se Jateng.

Kakanwil juga mengungkapkan terimakasih kepada semua pihak yang turut mendukung pendanaan pembangunan masjid yang sebagian besar bersumber dari ASN Kemenag Prov. Jateng. Suksesnya pembangunan masjid dari tumbuh dan ber kembangnya infaq. Terkumpul sebesar 5,4 Miliar, dan telah digunakan 5,1 Miliar.

Tak lupa Kakanwil juga menyampaikan pada tiga Lembaga yang turut membantu pendanaan yakni Badan amil Zakat Nasional Prov. Jateng, Bank Syariah Indonesia, Bank Jateng Syariah serta masyarakat umum.

Semoga masjid ini memberikan spirit keislaman dan keindonesiaan kita. (qq)