Persaingan Sehat Hasilkan Calon Petugas Haji Profesional

Grobogan – Untuk mewujudkan petugas haji yang amanah, profesional dan bertanggung jawab selama mendampingi dan membimbing jemaah haji, Kantor Kementerian Agama Kabupaten Grobogan menggelar rekrutmen calon petugas haji kategori Tim Pembimbing Ibadah Haji Indonesia (TPIHI), Tim Pemandu Haji Indonesia (TPHI) dan Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi untuk musim haji 1439 H/2018 M di Aula Kantor, Kamis (29/03).

Kepala Seksi Penyelenggara Haji dan Umrah (PHU) Kemenag Grobogan Abdur Rouf mengatakan kegiatan rekrutmen seleksi petugas haji sebagai upaya untuk memperoleh petugas haji yang profesional dan tanggung jawab dalam memandu jemaah haji di tanah suci.

“Seleksi petugas haji Kemenag Grobogan tahun 2018 diikuti 17 orang, yang terdiri dari 10 orang pendaftar TPHI, 6 orang pendaftar TPIHI dan 1 orang PPIH. Untuk TPHI akan diambil dari Kemenag Grobogan 4 orang, TPIHI akan diambil dari Kemenag Grobogan 4 orang. dan selanjutnya yang lolos tes Kemenag Kabupaten akan mengikuti tes di Kanwil Kemenag Provinsi Jawa Tengah. Mereka diseleksi dengan metode tes kompetensi/ tertulis dan wawancara,” urai Rouf.

Kepala Kantor Kemenag Grobogan Hambali menyampaikan, kegiatan rekruitmen calon petugas haji ini sangat penting, kesiapan petugas haji merupakan bagian dari sistem penyelenggaraan ibadah haji, dimana setiap fase penyelenggaraannya harus berjalan sesuai jadwal yg telah ditentukan.

“Bahwa satu cara untuk meningkatkan prinsip akuntabilitas petugas haji yang memiliki kompetensi dan integritas yaitu dengan rekruitmen melalui seleksi administrasi, tes tertulis dan wawancara. Hal itu dilakukan untuk memastikan petugas yang terpilih nanti sudah sesuai dengan kompetensi yang dibutuhkan,” jelas Hambali.

Ditegaskan, seluruh peserta mendapatkan kesempatan yang sama untuk menjadi calon petugas haji melalui persaingan yang sehat dan dapat dipertanggungjawabkan.

“Olehnya itu seluruh pihak harus bersikap sportif, konsekuen, konsisten dan mengutamakan profesional. Siapapun yang lolos nantinya diharapkan untuk segera mempersiapkan diri karena masih terdapat proses selanjutnya yang akan menentukan sebagai petugas yang akan diamanahkan,” pesannya.

Sesuai Rencana Perjalanan Haji (RPH) tahun ini, bahwa pemberangkatan jemaah haji kloter pertama akan dilaksanakan mulai tanggal 16 Juli 2018, dan Kloter terakhir pada tanggal 15 Agustus 2018, sedangkan wukuf di Arafah pada tanggal 20 Agustus 2018, Sementara awal pemulangan jemaah haji gelombang pertama pada tanggal 26 Agustus 2018 dan akhir Pemulangan pada tanggal 5 Oktober 2018. (bd/gt)