Persiapan Dini MIN 2 Sukoharjo Sambut USBN 2019

Sukoharjo – Menjelang Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) yang rencananya digelar secara nasional bulan April mendatang, Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 2 Sukoharjo menyelenggarakan uji coba (try out) USBN lebih awal untuk siswa kelas 6. Kegiatan yang dilaksanakan selama tiga hari tersebut dimulai pada Senin (28/01). Mata Pelajaran yang diujicobakan yaitu Bahasa Indonesia, Matematika, dan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA).

Try out perdana di MIN 2 Sukoharjo dilaksanakan serentak dengan MI lainnya se Kabupaten Sukoharjo. Hal tersebut disampaikan oleh Danuri selaku kepala madrasah yang sekaligus pengurus Kelompok Kerja Kepala Madrasah Ibtidaiyah (K3MI) Kabupaten Sukoharjo. Danuri juga menjelaskan bahwa untuk try out direncanakan sebanyak tiga kali yakni di bulan Januari, Februari, dan Maret. Keseluruhan materi try out sudah mengacu pada kisi-kisi USBN yang terbaru.

“Pada pelaksanaan try out yang kedua akan diujikan juga materi pelajaran agama sebagai persiapan dari ujian madrasah tahun 2019,” kata Danuri.

Lebih lanjut disampaikan, soal try out dibuat oleh tim yang melibatkan beberapa guru dari berbagai MI di kabupaten Sukoharjo. Koreksi lembar jawab akan dikebut selama seminggu agar bisa segera dilakukan evaluasi dan tindak lanjut.

Masih menurut Danuri, MIN 2 Sukoharjo terus melakukan pembinaan dan pendampingan kepada siswa kelas 6 supaya lebih matang dalam menghadapi USBN. Pengayaan materi terus dilakukan dengan melibatkan seluruh guru khususnya guru kelas 6.

“Meskipun materi USBN merupakan irisan kurikulum 2006 dan 2013, kami tetap berusaha untuk lebih maksimal memberikan materi kepada siswa. Jam tambahan sudah kami laksanakan sejak semester pertama dahulu,” paparnya.

Sementara itu, salah satu siswi kelas 6, Assyifa Ayu Kurnia, mengaku mempersiapkan try out dengan sungguh-sungguh. Intensitas belajarnya ditambah supaya meraih nilai yang baik. “Meskipun sedikit kesulitan pada matematika, namun saya percaya diri bisa mendapat nilai baik,” ungkap Ayu.

Assyifa juga berharap USBN nanti tidak sulit sehingga bisa meraih nilai yang memuaskan. (Pry-Djp/gt)