Persiapan Kota Surakarta Jadi Tuan Rumah MTQ Pelajar Tingkat Jawa Tengah

Surakarta – Tahun 2017 ini Kota Surakarta akan menjadi tuan rumah perhelatan Musabaqoh Tiwalatil Qur’an (MTQ) Pelajar tingkat Jawa Tengah ke-32. Menurut salah satu anggota Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an (LPTQ) Kota Surakarta, Achmad Arifin, bahwa terpilihnya Kota Surakarta sebagai tuan rumah MTQ Pelajar perlu ditanggapi dengan berbagai persiapan, termasuk  menyeleksi peserta yang akan mewakili Kota Surakarta. 

“Alhamdulillah, Kota Surakarta tahun ini akan menjadi tuan rumah MTQ Pelajar Provinsi Jawa Tengah yang ke-32. Kita sudah persiapkan berbagai kebutuhan,” kata Achmad Arifin, salah satu ASN Penyelenggara Syariah Kemenag Kota Surakarta saat seleksi putaran pertama di Madrasah Aliyah Negeri 2 Program Khusus Kota Surakarta, Selasa (21/3).

Menurutnya, untuk mempersiapkan wakil dari Kota Surakarta, pihaknya telah dimulai melakukan seleksi di tingkat kecamatan. Dimulai dari hari ini (Selasa, 21/3) berturut-turut akan diselenggarakan seleksi untuk 5 kecamatan yang ada di Surakarta. Kecamatan Banjarsari menjadi tempat pertama untuk melakukan seleksi MTQ Pelajar tahun 2017.

 Berikut jadwal kegiatan seleksi MTQ tingkat kecamatan di kota Surakarta;

  • Tanggal 21 Meret 2017 Kecamatan Banjarsari
  • Tanggal 22 Maret 2017 Kecamatan Pasarkliwon
  • Tanggal 23 Maret 2017 Kecamatan Serengan
  • Tanggal 29 Maret 2017 Kecamatan Laweyan
  • Tanggal 30 Maret 2017 Kecamatan Jebres

Penyelenggaraan seleksi MTQ Pelajar untuk Kecamatan Banjarsari bekerjasama dengan KUA Banjarsari dan UPT Dikpora Kecamatan Banjarsari. Pembukaan secara resmi dilakukan oleh camat Banjarsari, Indarto dan dihadiri oleh beberpa pejabat dari Kankemenag Kota Surakarta, Muspika Banjarsari, UPT Dikpora Kecamatan Banjarsari, KUA Banjarsari.

Dalam sambutannya, Indarto memberikan apresiasi terhadap penyelenggaraan seleksi MTQ ini karena animo peserta cukup mengembirakan terbukti antusiasisme  untuk mendaftar lebih banyak dibandingkan dengan tahun lalu , hal ini menjadikan seleksi MTQ tahun ini diharapkan dapat menghasilkan peserta yang lebih berkualitas.

Indarto, menyampaikan, tujuan di selenggarakannya seleksi MTQ pelajar di Kecamatan Banjarsari  ini untuk meningkatkan kemampuan baca tulis Al-Qur’an bagi para pelajar, prestasi MTQ dan membumikan Al-Qur’an dalam kehidupan sehari-hari serta fasih membaca Al-Qur’an.

“Pelajar juga harus memahami isi kandungan Al-Qur’an dan mengimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari untuk menuju masyarakat Kota Surakarta yang religius dan moderat” ujar Indarto.

Adapun cabang yang diperlombakan dalam seleksi MTQ Pelajar kali ini, antara lain : Cabang Tartil SD/MI, SMP/MTs, SMA/SMK/MA – Putra/Putri, cabang Tilawah SD/MI, SMP/MTs, MA/SMK/MA dan cabang Tahfidz 1 Juz dan 5 Juz dan Tilawah.

Selain itu tujuan lain diselenggarakannya seleksi MTQ ini tentu tidak hanya untuk mendapatkan hadiah saja tetapi ada hal yang lebih penting dari pada itu yaitu meningkatkan iman dan taqwa kepada Allah SWT, menggali potensi  pelajar di bidang seni baca Al Qur’an (baik tartil maupun tillawah) serta meningkatkan Syiar Agama. (rma-abc/Wul)