Persiapan Rukyatul Hilal di Jawa Tengah

Semarang – Seperti telah diberitakan melalui berbagai media bahwa Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin akan menggelar sidang itbat secara tertutup untuk menentukan awal Ramadhan 1437 Hijriyah pada Minggu (05/06). Dalam sidang isbat akan merumuskan hasil pemantauan yang dilakukan dari berbagai lokasi di seluruh Indonesia. Seperti halnya Kementerian Agama Kantor Wilayah Provinsi Jawa Tengah, saat ini tengah mempersiapkan segala sesuatunya untuk kegiatan pelaksanaan Rukyatul Hilal.

Kepala Bidang Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah Kanwil Kementerian Agama Provinsi Jawa Tengah Saifulloh ketika ditemui di ruang kerjanya mengungkapkan bahwa unitnya sedang mempersiapkan diri baik sumber daya manusia maupun perlengkapan untuk kegiatan tersebut.

“Kami tengah bersiap untuk pelaksanaan Rukyatul Hilal yang rencananya akan diselenggarakan pada Minggu (05/06),  untuk Jawa Tengah insya Allah akan dilakukan pemantauan hilal di 13 titik lokasi,” ungkap Saifulloh.

Berbekal tim ahli dan peralatan yang cukup memadai harapannya dari tim hisab rukyat Jawa Tengah dapat memberikan kontribusi hasil peneropongan bagi tim hisab rukyat pusat dalam penentuan awal Ramadhan dalam sidang isbat yang akan dilaksanakan oleh Kementerian Agama RI secara tertutup.

Adapun lokasi yang menjadi titik pemantauan hilal di Jawa Tengah dan Saerah Istimewa Yogyakarta (DIY), adalah : 

1. Menara Al Husna Masjid Agung Jawa Tengah Kota Semarang,;

2. Masjid Giribangun Desa Karanggintung, Kemrajen Kabupaten Banyumas,;

3. Bukit Bela Belu Parangkusumo Yogyakarta,;

4. Pantai Jatimalang Kabupaten Purworejo,;

5. Assalam Observatory Kabupaten Sukoharjo,;

6. Pantai Kartini Kabupaten Jepara,;

7. Kampus II Gedung G lantai IV Sekolah Tinggi Agama Islam (STAIN) Pekalongan,;

8. Pantai Segolok Kabupaten Kebumen,;

9. Pantai Logending Kabupaten Kebumen,;

10. Pantai Karangjahe Kabupaten Rembang,;

11. Pantai Alam Indah Kota Tegal,;

12. Pantai Tanjungsari Kabupaten Pemalang, dan;

13. Universitas Muria Kudus.

“Untuk Tim Hisab Rukyat Jawa Tengah akan melakukan Rukyatul Hilal di Menara Al Husna Masjid Agung Jawa Tengah Semarang, semoga cuaca besok cerah sehingga peneropongan hilal, adapun hasil dari Rukyatul Hilal di Jawa Tengah akan langsung kami laporkan ke Kementerian Agama Pusat sebagai bahan dalam penentuan awal Ramadhan melalui sidang isbat,” tegasnya.(gt/gt)