Persiapan UNBK di MAN Kendal capai 90 %

Kendal – Wakil Kepala Kehumasan Madrasah Aliyah Negeri Kendal Solikin mengungkapkan bahwa madrasahnya saat ini tengah melakukan percepatan atas persiapan pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) pada pelaksanaan Ujian Nasional 2017.

“Kami optimistis bisa melaksanakan UNBK tahun ini dengan lancar,” kata Solikin, Waka Kehumasan MAN Kendal Saat dihubungi Kontributor Kamis (16/02).

Persiapan yang dilakukan sekolah untuk melaksanakan UNBK 2017, kata dia, sejauh ini sudah mencapai 90% dengan jumlah perangkat komputer yang dimiliki sebanyak 80 unit dan sebanyak empat server.

Sejauh ini MAN Kendal sudah melalui beberapa langkah, mengunggah biodata peserta UNBK, pengisian pilihan mata ujian MA, pengisian data server dan sesi.

Tidak seperti tahun-tahun sebelumnya yang mengharuskan sekolah memiliki perangkat komputer sedikitnya sepertiga dari jumlah total siswa, lanjut dia, untuk persyaratan tahun ini lebih mudah, yakni minimal 20 komputer dan satu server.

” Sore ini pukul 18.00 WIB, kita melakukan sinkronasi data untuk masing2 perangkat,” ujarnya

Ia menyebutkan jumlah siswa peserta UNBK pada tahun ini sebanyak 318 orang yang terdiri dari Program IPA 151 siswa,IPS 107 siswa, Agama 30 siswa,
dan bahasa 30 siswa. “kami akan melaksanakan simulasi tahap II tanggal 20-23 Februari 2017 yang menggunakan 4 ruangan di laboratorium Komputer,” jelasnya.

Solikin menjelaskan pelaksanaan UNBK bisa menekan tingkat kecurangan dalam ujian karena langsung menggunakan komputer dan mencegah kebocoran soal dibandingkan dengan ujian secara tertulis. “Kami sendiri tidak tahu bagaimana bentuk soal dalam ujian nanti . Kepala Madrasah saja tidak diperbolehkan masuk ke dalam ruang ujian,” katanya

“Ya, harapan kami tidak ada pemadaman listrik,” pungkasnya.