Persiapkan Menghadapi Asesmen Nasional, Siswa MI Sullam Taufiq Dilatih Komputer

Kab. Pekalongan – Dalam rangka mempersiapkan pelaksanaan Asesmen Nasional atau AN 2021, MI Sullam Taufiq memberikan pelatihan mengoperasikan komputer kepada calon peserta AN yakni siswa kelas 5 MI. Demikian disampaikan M. Syaikhul Alim. Rabu (1/9).

Dikatakan Syaikhul Alim bahwa AN akan dilaksanakan di satuan pendidikan di wilayah-wilayah yang sudah diperbolehkan melaksanakan pembelajaran tatap muka terbatas berdasarkan penetapan pemerintah dan prokes ketat.

Menurutnya, Asesmen Nasional adalah evaluasi yang dilakukan pemerintah untuk memetakan mutu sistem pendidikan di tingkat satuan pendidikan dasar dan menengah.

“Asesmen nasional menggunakan instrumen Asesmen Kompetensi Minimum (AKM), survei karakter, dan survei lingkungan belajar. Sedangkan Peserta AN 2021 adalah peserta didik, pendidik, dan kepala satuan pendidikan. Peserta didik dipilih secara acak dengan metode yang ditetapkan kementerian” jelasnya

Ditambahkan Syaikhul Alim bahwa karena AN ini berbasis komputer maka sangat penting sekali siswa untuk dilatih cara mengoperasikan komputer, terlebih di tingkat MI dimana siswa kemungkinan masih banyak yang belum familiar dengan perangkat komputer.

“Dengan pelatihan berkala diharapkan siswa tidak canggung saat menghadapi AN yang sebenarnya nanti. Informasi yang kami terima untuk tingkat SD/MI dan yang sederajat, AN 2021 dilaksanakan dalam 2 gelombang. Gelombang 1 tanggal 8-11 November 2021 dan gelombang 2 tanggal 15-18 November 2021 dengan materi asesmen berupa literasi dan numerasi” paparnya. (Msa/Ant/bd).