Pertebal Iman, SMAN 1 Purworejo Mengisi Ramadhan dengan Berbagai Kegiatan

Purworejo – Selama bulan suci ramadhan 1442 H, SMAN 1 Purworejo menggelar berbagai kegiatan, di antaranya tadarus dan salat tarawih berjamaah. Tadarus dilaksanakan tiap pagi sebelum pelajaran dimulai dengan durasi kurang lebih selama dua puluh lima menit. Metodenya, siswa membaca Quran di kelas masing-masing dengan bimbingan guru mata pelajaran.

“Kegiatan lain di bulan ramadhan adalah salat tarawih dengan jumlah peserta terbatas dan dengan protokol kesehatan yang ketat. Barisan (shaf) antarjamaah diberi jarak, dan tiap jamaah wajib cek suhu tubuh, menggunakan masker, serta cuci tangan sebelum masuk mushola,” jelas Ahmad Faizin, S.Pd.I, guru Pendidikan Agama Islam yang juga merupakan pembina kerohanian islam SMAN 1 Purworejo, Rabu (5/5). Setelah salat tarawih, lanjutnya, diadakan acara kultum dengan durasi antara 5-10 menit. Penceramahnya adalah para guru agama islam di SMA negeri tertua di Purworejo itu.

Ahmad Faizin menuturkan bahwa selain dua kegiatan di atas, pihak sekolah juga menyelenggarakan program Ramadhan Intensif Remaja (RIR), pengumpulan zakat fitrah sekaligus pendistribusiannya, khotmil Quran, peringatan Nuzulul Quran, serta bagi-bagi takjil gratis jelang buka puasa di alun-alun Purworejo. “Berbagai kegiatan tersebut selain untuk mengisi bulan suci dengan hal-hal yang bermanfaat dan bernilai ibadah, tentu saja bertujuan untuk mempertebal keimanan kita,” pungkasnya. (sgy/bd)