Pesan Bupati Pada Orang Tua dan Pendidik di Pati

Pati – Lebih dari 600 siswa siswi TK Islam Terpadu (TKIT) dan RA (Raudlatul Athfal) wilayah Kecamatan Pati mengikuti manasik haji anak yang dihadiri oleh Bupati Pati beserta Plt Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Pati, pada Senin (27/8/2018) di Alun- alun Pati.

Ana Ketua Panitia Bimbingan Manasik Anak se Kecamatan Pati saat diwawancarai menyampaikan bahwa kegiatan ini diikuti oleh 600 anak dari 25 TKIT se-Kecamatan Pati.

Bupati Haryanto menyambut baik terselenggaranya acara ini. Ia mengungkapkan sebagai umat muslim tentu mempunyai cita- cita untuk menunaikan ibadah haji suatu hari nanti. “Untuk itu dengan dibimbing sedari kecil seperti ini akan menumbuhkan rasa keinginan untuk menunaikan ibadah haji kelak dan tentu dapat meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT,” ujar Bupati.

Haryanto menambahkan bahwa ibadah haji merupakan ibadah yang sebagian besar mengandalkan fisik. Ia pun berpesan agar para orang tua siswa segera mendaftarkan haji, selagi usia masih muda. “Oleh karena itu mumpung masih muda dan mampu maka segeralah mendaftar ibadah haji secepatnya karena fisik masih sehat dan prima,” imbuhnya.

Di kesempatan itu Bupati juga menginformasikan bahwa saat ini ada empat jamaah haji asal Pati yang meninggal di tanah suci. “Rata- rata jamaah yang meninggal karena sakit dan usia lanjut,” jelas suami dari Musus Indarnani ini.

Tak lupa Haryanto berpesan kepada para pendidik dan orang tua agar senantiasa mendidik karakter anak sejak dini dengan bimbingan ilmu agama yang cukup. “Dengan pendidikan karakter, anak akan memiliki akhlak baik dan 70% anak dipengaruhi oleh lingkungan,” pungkasnya. (PO-AM/bd)