Peserta Antusias, PORSADIN Kec Di Blora Semarak

BLORA.

Pekan Olahraga dan Seni Antar Diniyah (PORSADIN) yang digelar di beberapa kecamatan kemaren berlangsung semarak dan meriah dengan antusias peserta dari berbagai Madin di Kecamatan yang cukup tinggi.

Beberapa Pimpinan Anak cabang yang sudah menggelar kegiatan lomba antara lain Kecamatan Japah dan Kradenan pada kamis (7/3)  termasuk Kunduran,Ngawen, Banjarejo, Jiken, Randublatung, Jati, Blora, Banjarejo telah selesai dilaksanakan.

Ketua Forum Komunikasi Diniyah Takmiliyah (FKDT) Kabupaten Blora, Cuk suwartono menyampaikan bahwa tujuan digelar kegiatan Porsadin di tingkat Kecamatan adalah untuk mensyiarkan dakwah Islam dan seni dan mempersiapkan peserta yang akan dilombakan pada tingkat Kabupaten mendatang sehingga peserta santri madin bisa antusias mengikuti perlombaan dengan penuh kreatifitas.

Pihaknya menyampaikan bahwa sebanyak 220 santri se- Kecamatan Kunduran Kabupaten Blora kemaren juga  saling menunjukkan kemampuannya dalam Pekan Olahraga dan Seni antar Diniyah (Porsadin) untuk mengikti 12 cabang  lomba, antara lain  tahfidz Juz’ Amma, lomba baca kitab Safinatun Najah, cerdas cermat Diniyah, pidato Bahasa Indonesia, Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ), Murottal wa Imla’, kaligrafi, puisi Islami, lari sprint, bulu tangkis, dan tenis meja.

“Jadi santri harus bangga dan harus mampu menorehkan prestasi di berbagai even perlombaan karena selain pandai mengaji santri madin harus mampu berkreatifitas dalam ilmu dan seni dengan baik,” ucap Ketua Forum Komunikasi Diniyah Takmiliyah (FKDT) Kabupaten Blora, Cuk Suwartono (8/3)

Cuk Suwartono menegaskan, santri harus mampu menjadi teladan di masyarakat. Serta, mampu menjadi pelopor persatuan di lingkungan masing-masing.

“Harus menjadi teladan dalam menjaga persatuan dan kesatuan dan santri harus mampu merangkul, dalam menebarkan kebaikan untuk sesama,” imbuhnya.

Semantara, Camat Kunduran, Hartanto Wibowo berharap Porsadin Kecamatan Kunduran di Desa Balong ini dapat melahirkan para juara di cabang-cabanmg lomba yang ada. Bahkan, pihaknya siap mendukung Porsadin tingkat Kabupaten yang akan berlangsung di Kunduran.

“Kami akan membantu kebutuhan transportasi bagi peserta Porsadin Kunduran yang akan bertanding di tingkat Kabupaten. Kami juga mendukung FKDT Kabupaten, yang akan menjadi tuan rumah Porsadin Kabupaten yang akan berlangsung pada 17 Maret nanti,” paparnya.

Sementara itu, Plt Kasi PD Pontren, Drs.H.Parmono menyampaikan bahwa pihaknya sangat mengapresiasi kegiatan PORSADIN di tingkat Kecamatan dan berharap santri Madin bisa mendapatkan prestasi yang optimal dalam  bidang olahraga dan seni dengan sportif, menjunjung kreatifitas dan menorehkan prestasi bagi daerah Blora khususnya dan Kementerian Agama.

“semoga bisa menjaring santri madin yang berprestasi dan penuh kreatifitas yang membanggakan”paparnya. (ima)