Peserta Didik Madrasah Isi Instrumen Survei Integritas

Kudus –  Pendidikan nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab.

Guna mengetahui seberapa tingkat integritas Peserta Didik maka Pusat Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Agama dan Keagamaan Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama RI selama beberapa hari ini kunjungi  madrasah di lingkungan Kementerian Agama Kabupaten Kudus guna melaksanakan Survey tentang Integritas Peserta Didik di lingkungan Madrasah Aliyah.

Dalam melaksanakan survey, Tim Litbang didampingi oleh staf Seksi Penmad turun secara langsung ke madrasah guna mengetahui tingkat integritas peserta didik pada jenjang pendidikan menengah atas/Madrasah Aliyah pada level kota/kabupaten, serta level propinsi dengan cara membagikan questioner yang berisi beberapa instrumen untuk diisi oleh  peserta didik.

Kunjungan Tim Litbang mendapat apresiasi positif dari pimpinan madrasah,para guru dan anak-anak didik. Peserta didik begitu antusias dan semangat dalam mengisi instrumen quesioner yang diberikan.

Instrumen dimensi integritas yang disurvey meliputi : kejujuran,tanggung jawab, toleransi dan cinta tanah air.

Nilai integritas tinggi ditandai dengan kejujuran, trust (kepercayaan), fairness (keadilan), respect (menghargai), responsibility (tanggung jawab), dan humble (rendah  hati),serta mampu memberikan kontribusi bagi pembentukan  karakter siswa yang baik dan berprestasi tinggi.

Melalui survey ini diharapkan indeks integritas peserta didik dapat terukur, sehingga bisa dijadikan salah satu bahan perumusan kebijakan dalam penyempurnaan Kurikulum Pendidikan di bidang agama, Budi Pekerti dan kewarganegaraan baik di level daerah maupun pusat. Wiwik/Eti/bd