Peserta Didik MTs N 3 Pemalang Divaksinasi Covid-19

Pemalang – Vaksinasi Covid-19 terus digalakkan oleh pemerintah dalam rangka mewujudkan herd immunity bagi masyarakat. Setelah sebelumnya vaksinasi hanya diperbolehkan bagi masyarakat dengan usia minimal 18 tahun ke atas yang tentunya memenuhi persyaratan. Seiring dengan perkembangan vaksin Covid019, Kementerian Kesehatan telah memperbolehkan vaksinasi Covid-19 bagi remaja usia 12 sampai 17 tahun.

Setelah seluruh guru dan pegawai di lingkungan MTs Negeri 3 Pemalang divaksinasi Covid-19, siswa-siswi kelas 7 hingga 9 MTs N 3 Pemalang pada hari Selasa (20/7) turut divaksinasi.  Kegiatan ini terlaksana atas kerjasama MTs N 3 Pemalang dengan Puskesmas Kecamatan Pulosari dan turut dibantu oleh Tim Satgas Covid-19 TNI POLRI Kecamatan Pulosari.

Elida Ulfi Zunaila selaku Promotor Kesehatan Puskesmas Pulosari mengungkapkan bahwa target vaksinasi ini adalah siswa sekolah usia 12-17 tahun. Dia berharap bahwa semua siswa nantinya bisa divaksin kecuali yang belum genap berumur 12 tahun terhitung tanggal pelaksanaan vaksinasi.

“Sebelum proses vaksinasi ada screening oleh petugas Puskesmas Kecamatan Pulosari, apakah siswa tersebut bisa divaksin atau harus ditunda dulu karena belum memenuhi umur 12 tahun atau mempunyai riwayat penyakit tertentu serta masih dalam pengobatan dokter. Dengan adanya vaksinasi siswa nantinya bisa memiliki kekebalan yang kuat serta dapat mensukseskan program vaksinasi pemerintah agar berjalan dengan lancar,” ujar Elida.

Pada kesempatan tersebut, Kepala MTs N 3 Pemalang, Komarudin mendukung proses vaksinasi pelajar yang digalakkan pemerintah ini. “Alhamdulillah siswa-siswi MTs Negeri 3 Pemalang diberi kesempatan untuk mendapatkan vaksin Covid-19, sehingga saya menghimbau agar semua siswa ikut berpartisipasi mensukseskan kegiatan ini sebagai bagian dari ikhtiar agar terhindar dari penyakit,” kata Komarudin.
Ia juga memberi semangat kepada siswa yang akan divaksin agar tidak takut. Azmi dan Andang, siswa kelas 7 mengatakan bahwa mereka merasa takut dan grogi tetapi demi kesehatan mereka akan tetap mengikuti vaksin. Mereka telah mendapat izin orang tua untuk mengikuti vaksin dan berharap akan sehat setelah divaksin. (fh/fi/rf)