Peserta Diuji Praktik Imam Dan Khotib Sholat Jumat

Rembang – Hari kedua pelatihan Imam dan Khotib, 40 peserta diuji kemampuannya berparktik menjadi imam dan khotib sholat Jumat. Ujian praktik ini diadakan di dua lokasi, yaitu aula Kankemenag Kabupaten Rembang dan aula Baznas Rembang pada Rabu (9/5).

Masing-masing peserta bergiliran maju ke depan dan mempraktikkan sholat jum’at dan menyampaikan khutbah di hadapan dewan juri. Beberapa yang didampuk sebagai dewan juri yaitu Kakankemenag Kabupaten Rembang, Atho’illah, Kasubbag Tata Usaha Mohammad Ali Anshory, Kasi Pendidikan Madrasah Jasim, Kasi PD Pontren Musthofa, dan Kasi Bimas Islam Moh. Muchson.

Para dewan juri tersebut adalah tokoh agama sekaligus imam di beberapa masjid di Rembang. Dari pantauan, peserta sudah baik dalam menyampaikan khutbah dan mempraktikkan sholat Jum’at.

Ali Muhyiddin, salah satu panitia kegiatan mengatakan, ujian praktik ini akan dinilai dan digabung dengan hasil pre test dan post test yang diadakan selama dua hari ini. “Nilai ini akan dicantumkan dalam sertifikat peserta, yang masing-masing akan mendapatkan predikat memuaskan atau sangat memuaskan,” kata Ali.

Panitia dari PT Semen Indonesia, Muhson mengatakan, ujian ini dilaksanakan untuk meningkatkan kualitas Imam dan Khotib, sehingga mereka bisa berkomunikasi dengan jamaah dengan lebih baik. “Setelah mendapatkan materi dari para narasumber, kami harapkan peserta akan mendapatkan tambahan ilmu sehingga mereka akan menjadi imam dan khotib yang benar-benar berkualitas,” kata Muhson.

Sebagaimana diberitakan, kantor Kementerian Agama Kabupaten Rembang bekerjasama dengan PT Semen Indonesia mengadakan pelatihan Imam dan Khotib selama dua hari, yaitu Selasa – Rabu (5-6/5). Kegiatan yang melibatkan 40 peserta ini dilaksanakan di aula Kankemenag Kabupaten Rembang dan Gedung Baznas Rembang. — ss/bd