Peserta Jalan Sehat Kerukunan Membludak

Rembang –  Jalan sehat kerukunan umat beragama yang dilaksanakan pada hari Sabtu (15/12/2018) sebagai salah satu kegiatan dalam rangka Hari Amal Bhakti Kementerian Agama ke-73 atas kerjasama dengan Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) dan Generasi Muda Forum Kerukunan Umat Beragama (Gema FKUB) Kabupaten Rembang berlangsung meriah.

Peserta jalan sehat ini membludak dengan jumlah hampir 7-8 ribu peserta. 
Dimulai pukul 06.00 WIB dengan start dan finish di alun-alun Rembang, jalan sehat ini diberangkatkan secara langsung oleh Bupati Rembang, H. Abdul Hafidz.
 Sebagai awal kegiatan seluruh peserta menyanyikan lagu Indonesia Raya dan dilanjutkan sambutan Bupati.  Dalam sambutannya, Bupati Rembang mengingatkan bahwa Kerukunan Umat Beragama sebagai salah satu pilar dalam berbangsa dan bernegara harus terus dibina dan ditingkatkan persatuan dan kesatuannya, sehingga kedepan kita tetap menjadi bangsa yang besar.  Kegiatan diakhiri dengan do’a lintas agama yang di pandu oleh, Mukhlisin.
Penyelenggara kegiatan,
Ali Muhyiddin mengatakan, segenap pengurus FKUB dan Gema FKUB dari 6 agama yang ada di Rembang, telah membuktikan perak aktifnya dengan  mengikutsertakan sebanyak mungkin komunitasnya dalam  menyukseskan kegiatan Jalan Santai Kerukunan Umat Beragama.  Demikian juga Kementerian Agama Kabupaten Rembang telah melibatkan seluruh jajarannya mulai dari para penyuluh agama, Baznas, Forum Komunitas Madrasah Diniyah  Takmilyah (FKDT),  Forum Komunikasi Pondok Pesantren (FKPP), Dewan Masjid Indonesia (DMI) Kabupaten Rembang, Guru PAI baik di sekolah umum negeri maupun swasta, Guru/staf/karyawan dan siswa-siswi dari RA/TK, SD/MI, SMP/MTs, MA/SMA/SMK se Kabupaten Rembang, Jajaran pejabat di lingkungan Pemerintahan Kabupaten Rembang, Polres Rembang, Kodim Rembang dan unsur ataupun jajaran lain yang ada di Kabupaten Rembang.
Tepat pukul 7.30 WIB, dengan bacaan Bismillahhirrohmannirrohim, Bupati Rembang mengibaskan bendera start tanda seluruh peserta jalan santai mulai berjalan menyusuri jalan protokol dengan pengawalan dari Satlantas Polres Rembang.  
Di tengah-tengah rute, para peserta mendapatkan kupon undian untuk disobek menjadi dua, yang satu diserahkan ke panitia yang telah siap menjelang finish dan sobekannya untuk mencocokkan nomor undian saat di undi nanti.  Tidak kalah menarik pada saat menjelang finish telah berdiri remaja-remaja untuk membagikan minuman dan makanan ringan pada seluruh peserta upacara.
Pada pemberangkatan peserta jalan santai, seluruh peserta dihibur dengan penampilan group Keroncong Polres Rembang, dan setelah finish seluruh peserta menyaksikan senam Massal siswa RA se-Kabupaten Rembang dilanjutkan penampilan musik  Perkusi dari RA Masyithoh Rembang.  Hal yang ditunggu-tunggu adalah pengundian kupon undian, yang mana panitia telah menyiapkan sejumlah doorprize dan hadiah utama sebuah Sepeda Motor Merek Honda Beat keluaran tahun 2018.  Direncanakan untuk hadiah utama yang mengambil adalah Bupati ataupun Wakil Bupati Rembang namun karena padatnya acara beliau, maka awal pengundian dilakukan oleh Bupati Rembang di lanjutkan Wakil Bupati Rembang dengan hadiah masing-masing Sepeda Gunung. 
Pada puncak pengundian hadiah utama yang dilakukan oleh Ketua Panitia, hadiah utama jatuh pada salah satu warga Kedungombo Sulang, Ibu Win yang merupakan salah satu karyawan di MTs Negeri 3 Rembang. Sebagai akhir kegiatan adalah penyerahan Sepeda Motor Honda Beat berikut kuncinya dari Panitian kepada pemenang undian.  (Wient/iq/bd)