PETUAH, Melatih Disiplin dan Kemandirian Siswa MIN 2 Klaten

Klaten – MIN 2 Klaten mengadakan Perkemahan Sabtu Ahad (PETUAH), untuk siswa dan siswinya selama dua hari, Sabtu dan Minggu, 29-30 September, yang berlangsung di halaman MIN 2 Klaten.

Kepala MIN 2 Klaten, Agus Zamhari menjelaskan bahwa, tujuan kegiatan ini adalah melatih disiplin dan kemandirian para siswa. Selain itu juga merangsang kreatifitas mereka dan memberikan pelajaran leadership karena mereka akan dijadikan dalam satu regu.

“Perkemahan Sabtu Ahad ini adalah kegiatan rutin tahunan dari sekolah Madrasah Ibtidaiyyah, yang diikuti oleh siswa dan siswi MIN 2 Klaten mulai dari kelas 3 sampai kelas 6,” tandas Agus.

Selain itu kegiatan ini untuk melatih diri anak-anak dalam belajar mandiri, setia kawan, bersahabat dengan alam serta memupuk keimanan dan ketaqwaan, melatih fisik dan mental. Pramuka juga dapat membentuk karakter peserta didik lebih mandiri dan cinta tanah airnya.

“Dalam kegiatan pramuka ini kita bina anak-anak untuk disiplin, sehingga mempunyai karakter baik,” kata Agus.

Menurutnya, Pramuka merupakan kegiatan ekskul wajib disekolah maupun madrasah, “Sebab melalui kegiatan kepramukaan ini dapat membentuk peserta didik menjadi agamis, disiplin, jujur, berani, mandiri, santun, peduli lingkungan dan cinta tanah air,” sambungnya.

Karena di negara Indonesia ini sangat dibutuhkan, pemimpin yang bijaksana, baik dalam bertindak maupun dalam mengambil suatu keputusan. Selain itu, manfaat yang didapat selanjutnya, siswa mempunyai jiwa sosial yang tinggi terhadap lingkungan sekitarnya, sehingga ke depan memudahkan siswa dalam bersosialisasi dengan siapapun,” ungkap Kepala Madrasah.

Untuk kegiatan Petuah ini, agendanya antara lain: upacara pembukaan, berbagai games, pawai obor, api unggun gembira, olahraga bersama, bersih lingkungan, dan acara puncaknya adalah cross country.

“Kami harap kegiatan ini memberikan dampak yang positif untuk anak-anak agar lebih semangat dalam belajar di sekolah dan kegiatan Pramuka,” pungkas Agus.(aj/sua)