PHU Kemenag Kota Salatiga Bimbing Calon Jamaah Haji Isi Perdim 11

Mohon dikembangkan isinya, statemen kakankemenag lebih diuraikan …

Salatiga – Bertempat di aula Kantor Kemenag kota Salatiga, Senin (26/2) Seksi Penyelenggara Haji dan Umroh ( PHU ) mengadakan sosialisasi persiapan pengajuan permohonan paspor dan pengisian formulir perdim 11 yang dibantu oleh petugas . Kegiatan ini dilaksanakan empat kali berturut-turut diawali dari Calon Jamaah Haji Kecamatan Sidorejo, Calon Jamaah Haji Kecamatan Sidomukti, Calon Jamaah Haji Kecamatan Tingkir dan diakhiri dari Calon Jamaah Haji Kecamatan Argomulyo.

Perdim 11 merupakan formulir pembuatan paspor bagi Calhaj. Mengisi formulir ini merupakan salah satu persyaratan dalam pengajuan paspor. Pengisian perdim 11 bagi jamaah calon haji kota Salaiga dilakukan secara kolektif. Hal ini dimaksudkan untuk memudahkan jamaah calon haji dalam pengisian formulir perdim 11.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Salatiga, Fahrudin di depan calon jamaah haji mengatakan, sosialisasi tersebut merupakan suatu keharusan dalam rangka  untuk memberikan pemahaman tentang perdim 11 bagi calon jamaah haji yang berkaitan dengan dokumen paspor dan visa.

Selanjutnya ditambahkan oleh Fahrudin, proses ibadah haji  yang memakan waktu yang cukup lama, sehingga dibutuhkan kerjasama semua pihak. Dari kerjasama itu dimulai dari sekarang antara kemenag kota Salatiga dengan Imigrasi Semarang , dari proses pembuatan paspor pengisian formuler perdim 11 yang dilakukan sekarang ini, bertujuan agar pengajuan permohonan paspor bisa secepatnya dilakukan, “ ujarnya.

Sementara itu Kasi PHU Kemenag kota Salatiga Retno Worowidati,  memaparkan agar data dilengkapi dengan selengkap mungkin supaya tidak terhambat pada saat pemberangkatan nanti. Untuk itu dirinya memohon tidak ada kesalahan dalam pengisian data khususnya terkait dengan indentitas diri. Benar-benar harus jelas dan harus ada data pendukung seperti KTP ,ijasah dan akte kelahiran, agar meminimalisir adanya masalah ketika dibawa ke kantor Imigrasi,”katanya.

Tahun ini kota Salatiga mendapatkan kuota  jamaah calon haji sebanyak 254 orang. ( KK/MNc )