Pimpinan Baznas Diharapkan Mampu Sejahterakan Masyarakat

Rembang — Pimpinan Badan amil zakat Daerah (Bazda) Kabupaten Rembang periode 2011-2016 secara resmi berakhir dan berganti kepada pimpinan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Rembang periode 2016-2021. Acara serah terima jabatan antara kedua Ketua Umum tersebut dilakukan pada Kamis (26/01) di aula Baznas Rembang, komplek Islamic Center.

Hadir dalam acara tersebut segenap pimpinan domisioner yang diketuai oleh Munib Muslih, pimpinan Baznas baru dengan ketua Abdul Wahid Hasby, Kepala Kankemenag Kabupaten Rembang, Atho’illah, dan Sekda Kabupaten Rembang, Subakti.

Dalam sambutannya, Munib Muslih didampingi oleh Bendahara Chaizatul Hasanah menyampaikan laporan pertanggungjawaban program-program dan keuangan selama periode kepemimpinannya.

“Dalam periode kami, ada empat kegiatan dengan tema Bazda peduli, yaitu peduli pendidikan, peduli sosial keagamaan, peduli kesehatan, dan peduli ekonomi. Selain itu kami juga mengadakan kegiatan rutin setiap Ramadhan, yaitu buka bersama dan santunan yatim piatu. Program-program tersebut kami lakukan merata disetiap kecamatan di Rembang,” jelas Munib.

Beliau berharap, pimpinan Baznas yang baru saja dilantik bisa melanjutkan program-program tersebut berjalan lebih baik, sehingga bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat Rembang.

Abdul Wahid Hasby memohon dukungan semua pihak untuk menjalankan program-program Baznas mendatang. Sebagaimana mandat Bupati dalam penantikan beberapa waktu lalu, penghimpunan dana zakat, infaq, dan shodaqoh diharapkan bisa lebih meningkat. Utamanya dengan mewajibkan semua ASN di Rembang untuk berzakat dari gajinya.

“Kepada semua pimpinan Baznas yang baru kami mohon agar selalu optimis untuk menjalankan tugas-tugas dengan format pengurus yang baru. Kami juga memohon kepada Bapak Sekda untuk tidak bosan-bosan memberikan masukan kepada kami agar Baznas bisa berfungsi lebih baik,” ujar Hasby.

Sebagaimana diberitakan, Badan Amil Zakat Daerah (Bazda) Rembang telah berubah nama menjadi Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Rembang. Ini dibarengi dengan pergantian pimpinan Baznas dari periode 2011-2016 ke periode 2016-2021. Berdasarkan Surat Keputusan Bupati Rembang Nomor 264/1546/2016 tentang Pengangkatan Pimpinan Baznas Periode  2016-2021 tanggal 15 Desember 2016, pimpinan Baznas terdiri dari lima orang dengan ketua Abdul Wahid Hasby telah dilantik beberapa waktu lalu.— (ss/gt)